Air Laut Merembes Sampai Monas?

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menyebut permasalahan lingkungan di kota Jakarta begitu kompleks. Setelah dihadapkan dengan akan tenggelamnya Jakarta, kini ibu kota negara ini juga dihadapkan dengan masalah intrusi air laut.
Air Laut Merembes Sampai Monas?
Air laut cemari air tanah Jakarta?/merdeka.com

Nusantaratv.com - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menyebut permasalahan lingkungan di kota Jakarta begitu kompleks. Setelah dihadapkan dengan akan tenggelamnya Jakarta, kini ibu kota negara ini juga dihadapkan dengan masalah intrusi air laut.

Asal tahu saja, intrusi air laut merupakan kondisi di mana masuknya air laut ke pori-pori yang mencemarkan tanah. Hal ini menyebabkan air tanah tidak bisa lagi digunakan karena sudah tercemar dengan air laut.

“Intrusi air lautnya sudah sampai Monas area utara. Kalau dibiarkan terus intrusi air lautnya makin parah. Ekologi lingkungannya makin banyak,” ujarnya saat ditemui di Kantor Kementerian ESDM, Jakarta, Selasa (15/10/2019).

BACA JUGA : Konser Batal, Ari Lasso Jamin Uang Tiket Kembali

Penurunan permukaan tanah di Jakarta jadi persoalan serius. Di wilayah utara Jakarta sendiri, air laut sudah masuk ke wilayah permukiman dan mengurangi batas wilayah.

Pengamat Tata Kota Yayat Supriyatna mengatakan, upaya untuk mencegah Jakarta tenggelam sebenarnya sudah ada, yaitu pembuatan giant sea wall (tanggul laut raksasa). Namun masalahnya, bagaimana kelanjutan dari pembangunan giant sea wall tersebut masih belum diketahui.

1 / 2
Selanjutnya