Wagub Jatim dan Dubes Singapura Bahas Potensi Kerja Sama

Wagub Jatim dan Dubes Singapura Sepakat Inventarisir Potensi Kerjasama Jatim-Singapura
Wagub Jatim dan Dubes Singapura Bahas Potensi Kerja Sama
Waagub Jatim Emil Elestianto Dardak bersama Dubes Singapura untuk Indonesia Anil Kumar Nayar/ Kemendagri

Surabaya, Nusantaratv.com - Wakil Gubernur Jawa Timur (Wagub Jatim) Emil Elestianto Dardak bersama Duta Besar (Dubes) Singapura untuk Indonesia Anil Kumar Nayar menyepakati untuk segera mengidentifikasi peluang dan potensi kerjasama yang dapat dibangun antara Pemerintah Provinsi Jawa Timur dengan Singapura. 

Wagub Jatim berharap, dengan cara tersebut dapat memaksimalkan peningkatan perdagangan kedua wilayah.

“Kita sepakat setelah ini akan menginventarisir dan mulai melihat potensi-potensi yang bisa kita kawal, karena Singapura adalah salah satu investor terbesar di Jawa Timur,” ujar Wagub Emil Elestianto Dardak di Gedung Negara Grahadi, Surabaya, Selasa (26/11/2019).

Menurutnya terdapat banyak hal yang dibahas terkait peluang kerjasama antara Jatim-Singapura. Salah satunya terkait bidang pendidikan dan pelatihan, yakni Institute of Technical Education (ITE) yang menawarkan program-program berdurasi lebih pendek dari politeknik dan bervariasi. Sehingga, dimungkinkan terdapat kerjasama dengan Balai Latihan Kerja (BLK) Jawa Timur.

Baca Juga: Wagub Jatim Atur 2 Strategi Dalam Mentrasformasi Ekonomi Daerahnya

“Mungkin BLK dan MJC (Millennial Job Center) Akademi, bukan MJC nya tetapi akademi MJC untuk memberikan pelatihan-pelatihan yang sangat khusus di bidang-bidang tertentu kepada talenta-talenta di era milenial,” kata Wagub Jatim.

Wagub Jatim menjelaskan, bahwa bidang perdagangan dan perindustrian Jawa Timur juga memiliki potensi kerjasama dengan Singapura. Salah satunya yakni Lamongan Shorebase (LS) yang dijadikan peluang kerjasama dengan Enterprise Singapore. Yaitu sebuah badan dibawah kementerian Perdagangan dan Industri Singapura yang menjalin hubungan dengan perusahaan-perusahaan di luar Singapura.

“Salah satu yang kita bahas Lamongan Shorebase yang ada di Lamongan, kemudian mereka juga melihat Gresik,” ungkap Wagub Jatim.

“Kita berharap bahwa mereka juga bisa mulai melirik pengembangan kawasan industri di poros-poros baru seperti di sepanjang ruas Kertosono ke Ngawi, misalnya” tamabh Wagub Jatim.



Reaksi Kamu

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0