Upaya Kemendag Mendorong Perlindungan Konsumen

Tingkatkan Perlindungan Konsumen, Kemendag Dorong Peningkatan Peran JLPPI
Upaya Kemendag Mendorong Perlindungan Konsumen
Seminar Jejaring Laboratorium Pengujian Pangan Indonesia di Jakarta/ Kemendag

Jakarta, Nusantaratv.com - Direktur Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga (PKTN) Kementerian Perdagangan (Kemendag) Veri Anggrijono menyatakan, pemerintah akan memperkuat peran laboratorium pengujian pangan guna mendukung peningkatan perlindungan konsumen dan kualitas produk pangan. 

Oleh karena itu, Jejaring Laboratorium Pengujian Pangan Indonesia (JLPPI) harus menjadi garda terdepan dalam menjamin keamanan dan mutu produk sesuai persyaratan yang ditetapkan.

"Arus globalisasi membuat peningkatan perdagangan barang dan jasa ke dalam negeri sehingga berdampak pada meningkatnya peredaran produk yang tidak memenuhi ketentuan dan membahayakan konsumen. Kami yakin JLPPI dapat mengambil peran besar dalam mengatasi permasalahan tersebut," ujar Veri dalam Seminar JLPPI di Jakarta, Senin, (18/11/2019).

Baca Juga: Neraca Perdagangan Oktober 2019 Surplus

"Selain itu, Laboratorium Rujukan Pengujian Pangan Indonesia (LRPPI) dan laboratorium subjejaringnya harus menjadi garda terdepan dalam menjamin keamanan dan mutu produk sesuai persyaratan yang ditetapkan," tambah Veri.

Sementara itu, menurut Veri penyelenggaraan Seminar JLPPI ini merupakan salah satu upaya memperkuat peran laboratorium pengujian pangan dalam mendukung peningkatan perlindungan konsumen dan kualitas produk pangan di tengah arus globalisasi. 
Seminar ini menghadirkan beberapa narasumber berkompeten yang menyampaikan materi terkait peran laboratorium dan kompetensi yang diperlukan dalam menghadapi hambatan teknis perdagangan produk ekspor Indonesia. Materi lainnya yaitu mencakup penanganan isu pangan dan tantangan yang dihadapi pelaku usaha dalam memenuhi standar keamanan pangan.



Reaksi Kamu

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0