Peran Generasi Muda Dalam Meningkatkan Perdagangan di Indonesia

Kemendag Dukung Peran Generasi Muda dalam Tingkatkan Perdagangan
Peran Generasi Muda Dalam Meningkatkan Perdagangan di Indonesia
Ilustrasi generasi muda yang berjualan angkringan di pinggir jalan/ Istimewa

Semarang, Nusantaratv.com - Kementerian Perdagangan (Kemendag) mendukung peranan generasi muda dalam meningkatkan sektor perdagangan di Indonesia. Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) Jerry Sambuaga menegaskan bahwa peran generasi muda sangat diperlukan dalam pembangunan ekonomi di Indonesia.

"Generasi muda harus terus bergerak di era yang dinamis ini. Generasi muda harus bangkit dan terus berjuang. Bagi mereka yang menduduki jabatan, jadikan itu sebagai pengabdian kepada bangsa. Karena peranan generasi muda sangat penting dalam pembangunan bangsa terkhusus di bidang perdagangan," ujar Wamendag Jerry di Semarang, Jawa Tengah, beberapa waktu lalu.

Fenomena perkembangan teknologi di era sektor perdagangan, menghasilkan banyak wirausaha (entrepreneur). Menurut Global Entrepreneurship Index 2018, jumlah wirausaha di negara maju mencapai 14 persen, sementara di Indonesia baru mencapai 3,1 persen dan masih lebih kecil dibandingkan negara ASEAN lainnya seperti Singapura, Malaysia, Thailand, dan Filipina.

Baca Juga: Perkuat Ekonomi Digital Melalui Kemlu For Startup

Pemerintah akan selalu mendorong generasi muda untuk dapat berinovasi dalam menciptakan peluang usaha baru, sehingga tetap mampu bersaing di kancah internasional. Dengan adanya pertumbuhan pengguna teknologi internet di Indonesia diharapkan mampu meningkatkan nilai pertumbuhan ekonomi di Indonesia.

Wamendag juga menyampaikan bahwa generasi muda harus kreatif dalam mengimplementasikan ide-ide, dan berani mengambil risiko dalam menyelesaikan berbagai tantangan yang ada serta mampu menciptakan peluang usaha khususnya di bidang perdagangan.

"Anak muda harus memiliki ide-ide kreatif dan berwawasan luas, berpikiran terbuka, berani mengambil risiko untuk menciptakan peluang usaha. Selain itu, harus memiliki jiwa melayani bukan dilayani," kata Wamendag.



Reaksi Kamu

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0