Himbauan Mendag Dalam Menjaring Buyers Guna Optimalisasi IK-CEPA :: Nusantaratv.com

Himbauan Mendag Dalam Menjaring Buyers Guna Optimalisasi IK-CEPA

Mendag Arahkan Perwakilan Perdagangan Korsel Lebih Strategis dalam Menjaring Buyers untuk Optimalkan IK-CEPA
Himbauan Mendag Dalam Menjaring Buyers Guna Optimalisasi IK-CEPA
Mendag Agus Suparmanto/ Kemendag

Busan, Nusantaratv.com - Menteri Perdagangan (Mendag) Agus Suparmanto menyampaikan kepada Perwakilan Perdagangan di Korea Selatan (Korsel) untuk dapat lebih strategis dalam menjaring buyers, guna mengoptimalkan Perjanjian Kemitraan Ekonomi Komprehensif Indonesia-Korea Selatan (IK-CEPA). 

Adapun Strategi yang dilakukan yaitu dengan memperkuat kemitraan riset dan peningkatan kapasitas sumber daya manusia (SDM) dengan Korsel.

"Atdag Seoul dan ITPC Busan harus lebih taktis dalam menjaring buyers. Selain itu, sangat penting untuk memperkuat kemitraan riset dan peningkatan kapasitas sumber daya manusia (SDM) dengan Korsel. Hal tersebut sebagai upaya meningkatkan kualitas ekspor nasional," ujar Mendag di Busan, Korsel, beberapa waktu lalu.

Baca Juga: Limbah Kayu Sengon Diminati Korea Selatan

Sementara itu, Mendag juga menjelaskan bahwa IK-CEPA harus dimanfaatkan semaksimal mungkin guna mendorong ekspor yang ada dan menggali berbagai potensinya, serta untuk meningkatkan investasi.

"Selain menjadi market agent dan market intelligence, perwakilan perdagangan harus bisa menyelesaikan hambatan perdagangan," kata Mendag.

"Selain itu, perwakilan perdagangan perlu mencari potensi riset untuk penguatan produk Indonesia. Perwakilan perdagangan juga bisa meningkatkan kapasitas SDM untuk mengembangkan UKM dengan berbagi informasi mengenai teknologi di negara-negara yang teknologinya sudah maju," tambah Mendag.

BAGIKAN

REAKSI KAMU

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0