Harga Bahan Pokok di Jakarta Terpantau Stabil Jelang Natal dan Tahun Baru

Jelang Natal 2019 dan Tahun Baru 2020, Harga dan Pasokan Bapok Terkendali di DKI Jakarta
Harga Bahan Pokok di Jakarta Terpantau Stabil Jelang Natal dan Tahun Baru
Ilustrasi Pasar Tradisional/ Istimewa

Jakarta, Nusantaratv.com - Kementerian Perdagangan (Kemendag) berupaya menjaga stabilitas harga dan pasokan bahan pokok menjelang Natal 2019 dan Tahun Baru 2020. Hal ini disampaikan Inspektur Jenderal Srie Agustina saat menghadiri Rapat Koordinasi Daerah (rakorda) Kesiapan Bapok Menghadapi Natal 2019 dan Tahun Baru 2020.

"Rakorda dilakukan sebagai bentuk antisipasi pemerintah dalam menjaga stabilisasi harga dan stok bahan pokok untuk masyarakat khususnya menjelang Natal 2019 dan Tahun Baru 2020," ujar Srie di Jakarta, (27/11/2019).

"Dari 34 provinsi, Kemendag memberikan perhatian khusus kepada 15 provinsi yang merayakan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020. Berdasarkan hasil pantauan Kemendag yang hingga saat ini masih berjalan, termasuk di DKI Jakarta, harga bahan pokok relatif stabil dan memiliki pasokan bahan pokok yang cukup," tambah Srie.

Baca Juga: Kemendag Jaga Stabilitas Harga Bapok Menjelang Natal dan Tahun Baru

Srie menjelaskan, Kemendag telah melakukan pemantauan di 12 pasar di DKI Jakarta. Salah satunya di Pasar Senen yang harga bapoknya terpantau relatif stabil.

"Kondisi harga-harga tersebut diprediksi stabil hingga akhir tahun mengingat distribusi pasokan bapok terpantau lancar. Meskipun terdapat beberapa komoditas yang harganya sedikit naik seperti cabai merah, telur ayam, dan daging ayam. Harga daging ayam cenderung naik, namun masih berada di batas harga acuan Kemendag. Hal ini disebabkan iklim dan permintaan yang lebih banyak," kata Srie.

"Melalui rakorda, Kemendag dapat memberikan informasi ke Tim Pengendali Inflasi Provinsi (TPIP) DKI Jakarta untuk memasok stok bahan pokok agar harga barang cenderung stabil," tutup Srie.



Reaksi Kamu

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0