Penempatan Dana Pemerintah di Perbankan Bertujuan Ringankan UMKM :: Nusantaratv.com

Penempatan Dana Pemerintah di Perbankan Bertujuan Ringankan UMKM

Pemerintah Melakukan Penempatan Dana di Perbankan yang Bertujuan untuk Meringankan UMKM dengan Pinjaman Modal Kerja
Penempatan Dana Pemerintah di Perbankan Bertujuan Ringankan UMKM
Ilustrasi bank/ Istimewa

Jakarta, Nusantaratv.com - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menjelaskan mekanisme penampatan dana pemerintah untuk program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) dalam konferensi pers virtual pada Senin, (18/5/2020) di Jakarta.

Menkeu mengungkapkan bahwa penempatan dana pemerintah di perbankan bertujuan untuk mendukung langkah-langkah restrukturisasi kredit UMKM dan mendukung perbankan dan lembaga pembiayaan untuk bisa memberikan kredit modal kerja baru agar UMKM bangkit kembali. Selain itu, mengembalikan confidence perbankan untuk menyalurkan kredit modal kerja pada UMKM.

Baca Juga: Pemerintah Berikan Penundaan Pokok Cicilan untuk UMKM

Namun, Menkeu menegaskan bahwa penempatan dana pemerintah di bank untuk membantu debitur UMKM, bukanlah untuk membantu likuiditas perbankan itu sendiri karena bantuan likuiditas perbankan ada di bawah wewenang Bank Indonesia (BI).

"Saya tekankan di sini, penempatan dana pemerintah bukanlah merupakan penyangga untuk membantu likuiditas perbankan karena itu adalah tugas Bank Indonesia. Tugas pengawasan bank, tetap ada di OJK, dan tugas penjaminan tetap dilakukan LPS," ujar Menkeu.

"Jadi, Pemerintah tidak mengambil alih atau tugas masing-masing lembaga dilakukan sesuai dengan mandat Undang-Undang lembaga-lembaga tersebut yang kebetulan keempatnya adalah komponen KSSK," tambah Menkeu.

BAGIKAN

REAKSI KAMU

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0