Gubernur Bali Himbau BRI Ikut Majukan UMKM Berbasis Kearifan Lokal Bali :: Nusantaratv.com

Gubernur Bali Himbau BRI Ikut Majukan UMKM Berbasis Kearifan Lokal Bali

Gubernur Bali Ajak BRI Ikut Majukan UMKM Berbasis Kearifan Lokal Bali
Gubernur Bali Himbau BRI Ikut Majukan UMKM Berbasis Kearifan Lokal Bali
Gubernur Bali Wayan Koster/ Kemendagri

Denpasar, Nusantaratv.com - Dalam konteks pelaksanaan visi Nangun Sat Kerthi Loka Bali, salah satu program Gubernur Bali Wayan Koster adalah mengembangkan industri berbasis budaya branding Bali.

Oleh karena itu, Gubernur Bali mengajak pelaku perbankan seperti Bank Rakyat Indonesia (BRI) lebih aktif terlibat dalam memajukan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) untuk memproduksi dan memajukan industri kerakyatan yang ada di Bali.

Gubernur Bali mengatakan industri berbasis budaya branding Bali adalah industri kerakyatan berbasis kearifan lokal yang ada pada masyaraka di kabupaten/kota se-Bali. Menurutnya industri ini tidak membutuhkan modal besar karena skala menengah ke bawah.

"Industri berbasis budaya seperti industri pangan dan industri sandang yang berorientasi ekspor," ujar Gubernur Bali saat membuka acara Pesta Rakyat Simpedes BRI tahun 2019 di Kawasan Monumen Bajra Sandhi, Denpasar, Minggu (15/12/2019).

Baca Juga: Upaya Tingkatkan Daya Saing UMKM dengan Digitalisasi Warung

Ia menambahkan Bali memiliki produk yang punya keunggulan yang luar biasa di bidang pangan, seperti arak bali, brem bali, salak bali, manggis bali, dan jeruk bali.

"Cuma Bali yang punya branding bali," jelas Gubernur Bali.

Oleh karena itu ia meminta BRI memberikan dukungan sehingga sesuai dengan citra BRI yang melekat dengan ekonomi masyarakat kecil yang ada di Bali.

Sementara itu, Gubernur Bali berharap struktur perekonomian di Bali lebih sehat. Menurutnya  kontribusi pertumbuhan perekonomian di Bali lebih banyak ditopang oleh pariwisata dan usaha yang berkaitan dengan pariwisata dan sangat kecil dukungan dari sektor pertanian.

"Lima puluh persen lebih kontribusi pertumbuhan ekonomi bersumber dari pariwisata. Hanya sekitar 15 persen yang berasal dari pertanian," kata Gubernur Bali.

BAGIKAN

REAKSI KAMU

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0