Perayaan Ulang Tahun Ratu Elizabeth II di Bulan April dan Juni, Mengapa Begitu?

Besok tanggal 21 April, Ratu Elizabeth II, akan merayakan ulang tahunnya yang ke-95. Ratu Elizabeth II yang lahir pada 21 April 1926 itu telah memimpin kerajaan...

Ilustrasi perayaan ulang tahun Ratu Elizabeth II

Nusantaratv.com - Besok tanggal 21 April, Ratu Elizabeth II, akan merayakan ulang tahunnya yang ke-95. Ratu Elizabeth II yang lahir pada 21 April 1926 itu telah memimpin kerajaan Inggris sejak 1952. Artinya tahun 2021 ini adalah tahun ke-69 ia memimpin kerajaan Inggris.

Namun uniknya, selain dirayakan di bulan April, ulang tahun Ratu Elizabeth II itu juga dirayakan di bulan Juni. Mengapa ulang tahun sang ratu dirayakan dua kali?

Ratu Elizabeth menjadi ratu sejak 6 Februari 1947. Ia menjadi pemimpin terlama Inggris. Ratu Elizabeth II naik tahta karena menggantikan ayahnya, Raja George VI yang meninggal dunia. 

Baca Juga: Berulang Tahun, Kate Middleton Dapat Kado dari Ratu Elizabeth

Di kutip dari situs resmi Kerajaan Inggris (royal.uk), Ratu Elizabeth II merayakan ulang tahunnya dua kali dalam setahun, yaitu pada saat hari lahirnya, 21 April dan hari ulang tahun resmi yang dirayakan pada hari Sabtu kedua di bulan Juni.

Mengapa begitu, ya?

Dari situs resmi Kerajaan Inggris dijelaskan bahwa perayaan resmi untuk merayakan hari ulang tahun pemimpin kerajaan, memang sering dirayakan pada tanggal yang berbeda dari hari kelahirannya.

Hal ini terutama dilakukan jika hari lahir pemimpin kerajaan tidak jatuh pada musim panas.

Parade Trooping the Colour

Misalnya, pada masa kepemimpinan Raja Edward VII, hari lahir beliau adalah 9 November. Namun ulang tahun resminya dirayakan pada bulan Mei atau Juni, saat cuaca lebih cerah untuk melakukan parade Trooping the Colour.

Jadi, perayaan ulang tahun Ratu Elizabeth II yang diadakan bulan Juni merupakan bagian dari tradisi Kerajaan Inggris.

Parade Trooping the Colour

Biasanya Ratu Elizabeth akan merayakan hari ulang tahunnya pada 21 April secara tertutup. Namun demikian perayaan hari ulang tahunnya biasanya ditandai dengan penghormatan senjata di beberapa titik di London, Inggris.

Baca Juga: Rita Ora Sogok Rp 96 Juta untuk Gelar Pesta Ulang Tahun

Untuk acara resmi kerajaan pada bulan Juni, para anggota kerajaan akan mengikuti parade Trooping the Colour.

Parade Trooping the Colour akan diikuti sekitar 1400 tentara kerajaan, 200 ekor kuda, dan 400 musisi. Dan tentu tak ketinggalan, masyarakat Inggris yang tinggal di London akan turun ke jalan menyaksikan parade ulang tahun Ratu mereka itu.

Sumber: bobo.id

like
dislike
love
funny
angry
sad
wow
Login dengan
LIVE TV & NETWORK