Penyelenggaraan PON Papua 2021 Diawasi Drone Canggih

Keamanan pada penyelenggaraan PON XX Papua menjadi perioritas utama

Konferensi pers PB PON / Foto: Arf18

Nusantaratv.com - Ketua II PB PON XX, Roi Letlora memastikan kalau penyelenggaraan PON Papua 2021 yang berlangsung pada 2-13 Oktober mendatang berjalan aman.

Menurutnya, kemamanan pada penyelenggaraan PON Papua 2021 menjadi perioritas utama. Untuk itu, pihaknya bakal menyiapkan sebuah drone canggih yang ditempatkan di setiap lokasi penyelenggaraan.

Selain itu, adanya drone di setiap lokasi penyelenggaraan juga membantu kinerja TNI – Polri yang bertugas menjaga keamanan.

Baca juga: Irfan Jauhari Resmi Gabung Persis Solo

"Untuk pengamanan PON, kita dilengkapi dengan teknologi canggih pakai drone yang disediakan oleh PB PON. Drone ini sebenarnya peralatan militer kita bantu kepada tim pengamanan kita, di pengamanan itu ada Polda dan Pangdam," kata Roi Letlora dalam konferensi pers PB PON, Hotel Mulia, Jakarta, Kamis (29/4/2021).

Nantinya, lanjut Roi, drone tersebut akan dioperasikan di empat wilayah yakni Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Kabupaten Mimika dan Kabupaten Merauke.

Namun dari empat wilayah tersebut, venue yang berada di Kota Jayapura dan Kabupaten Jayapura hanya menggunakan satu drone.

Roi juga menjelaskan bahwa drone yang akan digunakan nanti milik militer Indonesia yang mempunyai daya rekam yang sangat bagus. Salah satu kelebihannya bisa merekam wajah seorang dari ketinggian 3 KM.

"Drone ini dilengkapi alat detektor wajah yang kapasitas drone ini bisa mendeteksi di atas 3 KM dari venue. Sehingga bisa melihat kerumunan bahkan wajah juga terdeteksi," kata Roi.

Sementara itu, penyelenggaraan PON Papua 2021 nanti bakal melibatkan hampir 8000 personil gabungan  Polri dan TNI yang disiagakan di empat cluster palaksanaan Papua.

Untuk Kabupaten Jayapura sebanyak 1.669 Personil, Kota Jayapura sebanyak 3.698 personil, Kabupaten Meruke 1000 personil, dan Kabupaten Mimika 1.900 personil.

like
dislike
love
funny
angry
sad
wow
Login dengan
LIVE TV & NETWORK