Waspadalah, Pria pun Dapat Terkena Kanker Payudara!

Kanker payudara sering dianggap sebagai kondisi yang hanya menjangkiti wanita, namun ternyata pria juga dapat mengidap kanker tersebut. Kanker dapat berkembang pada jaringan payudara kecil pada pria, tepatnya di belakang puting. Gejala awal yang sering terjadi adalah terdapat benjolan keras dan tidak sakit pada salah satu dada.
Waspadalah, Pria pun Dapat Terkena Kanker Payudara!
Penyanyi Pop Beyonce./pagesix.com

Nusantaratv.com - Kanker payudara sering dianggap sebagai kondisi yang hanya menjangkiti wanita, namun ternyata pria juga dapat mengidap kanker tersebut. Kanker dapat berkembang pada jaringan payudara kecil pada pria, tepatnya di belakang puting. Gejala awal yang sering terjadi adalah terdapat benjolan keras dan tidak sakit pada salah satu dada.

Kanker payudara pada pria adalah pertumbuhan sel yang abnormal pada formasi jaringan payudara pria. Metastatic melanoma  adalah kumpulan dari sel kanker yang dapat berlipat ganda dengan cepat pada jaringan sekitarnya, atau dapat menyebar (bermetastasis) ke bagian tubuh lain. Ini adalah penyakit yang jarang terjadi pada pria, hanya terdapat sekitar 1% kasus dari kasus kanker payudara pada pria yang terdiagnosis per tahun.

Mathew Knowles, ayah penyanyi pop Beyonce mengungkapkan bahwa dirinya didiagnosis menderita kanker payudara. Pria berusia 67 tahun itu mengatakan, kini dirinya sudah lebih baik setelah dilakukan operasi.

Awalnya Knowles beberapa kali melihat bercak darah di baju dan sprei.  Lalu ia pergi ke dokter dan menanyakan perihal penyakitnya itu. Dokter pun mendiagnosanya menderita kanker payudara. Kanker payudara pria jarang terjadi dan biasanya terjadi pada pria di atas 60 tahun.

BACA JUGA : 25 Kata-kata Bijak BJ Habibie 

“Saya ingin mengimbau pentingnya kesadaran dan deteksi dini, baik untuk pria atau wanita. Kunci untuk bisa mencegah dan mengetahui sedari awal kanker adalah deteksi dini,” ujarnya.

Kasus kanker payudara pada pria ini jauh lebih jarang daripada kalangan wanita. Menurut data dari Pusat Statistik Nasional di Inggris pada 2017, 319 pria didiagnosis menderita kanker payudara. Sementara ada sekitar 46.000 wanita yang lebih banyak menderita kanker payudara.

Prospek untuk pria terserang kanker payudara memang bervariasi, tergantung pada seberapa jauh penyakit telah menyebar pada saat didiagnosis. Tanda-tanda kanker payudara pada pria dapat mencakup benjolan di payudara, puting susu yang masuk ke dalam dan cairan mengalir dari puting susu.

Sumber  : Gatra.com



Reaksi Kamu

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0