Penyebab Kematian, Kenali dan Cegah Kolesterol Sejak Dini

Mengenali dan mencegah kolesterol sejak dini menjadi sangat penting.
Ilustrasi. (Kumparan)

Jakarta, Nusantaratv.com - Kolesterol menjadi salah satu penyakit yang berbahaya karena dapat menyebabkan penyakit lainnya sehingga harus dikendalikan.

Mengenali dan mencegah kolesterol sejak dini sangat penting. Hal itulah yang dilakukan mahasiswa Apoteker Universitas 17 Agustus 1945. Mereka melakukan penyuluhan di Puskesmas Sunter Agung 1, Jakarta Utara (Jakut).

Firstian, mahasiswa yang berperan aktif dalam kegiatan tersebut, mengatakan pada kasus penyakit dislipidemia atau kolesterol, World Health Organization (WHO) menyebutkan bahwa 30 persen kematian diakibatkan penyakit kardiovaskuler, dengan jumlah kematian sebanyak 17 juta pada 2011 dengan penyakit jantung iskemik dan stroke (WHO, 2014). 

"Faktor penyebab terjadi kolesterol adalah pola hidup yang tidak sehat. Pola makan yang tidak sehat seperti mengonsumsi lemak jenuh (tedapat pada daging, mentega, keju dan krim) yang dapat meningkatkan kadar kolesterol LDL dalam darah. Namun, pola makan yang sehat dapat menurunkan kadar kolesterol sekitar 5-10 persen, bahkan lebih," ujar Firstian.

Disebutkannya, penyebab kolesterol lainnya yakni merokok, alkohol, obesitas, stress, umur dan kurangnya beraktivitas sehingga lemak jahat dalam tubuh (LDL) meningkat disaluran pembuluh darah sehingga menyebabkan kolesterol. 

Baca Juga: Makanan Alami Apa Saja yang Bisa Cegah Penyakit Autoimun?

Selanjutnya

BAGIKAN

REAKSI KAMU

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0