Makanan Ini Dapat Turunkan Kadar Kolesterol!

Kolesterol adalah lemak yang berguna bagi tubuh. Namun bila kadarnya di dalam tubuh terlalu tinggi, kolesterol akan menumpuk di pembuluh darah dan mengganggu aliran darah.
Makanan Ini Dapat Turunkan Kadar Kolesterol!
Oeatmeal, makanan kaya akan serat./delmonte.com

Nusantaratv.com - Kolesterol adalah lemak yang berguna bagi tubuh. Namun bila kadarnya di dalam tubuh terlalu tinggi, kolesterol akan menumpuk di pembuluh darah dan mengganggu aliran darah.

Tubuh kita memang membutuhkan kolesterol setiap hari, namun ini bukan berarti bahwa kamu boleh memakan makanan secara sembarangan.

Kolesterol merupakan zat yang diproduksi secara alami oleh organ hati, tetapi juga bisa ditemukan dalam makanan yang berasal dari hewan, seperti daging dan susu. Kolesterol diperlukan oleh tubuh untuk membentuk sel-sel sehat, memproduksi sejumlah hormon, dan menghasilkan vitamin D.

Jika kadar kolesterol LDL dalam tubuh kamu terlalu tinggi, kamu bisa mengonsumsi makanan ini untuk membantu menurunkannya:

1. Kacang kedelai

Sumber makanan yang berasal dari kacang kedelai seperti tahu, tempe, oncom, susu kedelai, atau kembang tahu mengandung zat isoflavon. Isoflavon ini berfungsi sebagai zat yang dapat menekan kolesterol jahat (LDL) agar tidak berkembang lebih banyak di aliran darah.

2. Roti gandum utuh

Ternyata, makan roti gandum akan lebih baik karena bisa meningkatkan kadar kolesterol baik atau HDL sebagaimana dilansir dari laman 1Health. Roti gandum dapat memberikan kamu serat makanan yang cukup untuk melawan penyakit kardiovaskular.

Konsumsi juga beras merah yang kaya serat untuk lebih meningkatkan kadar kolesterol baik dalam tubuh kamu.

3. Kayu manis

Orang yang menderita diabetes tipe-2 dapat mengurangi kadar kolesterol dengan mengonsumsi 6 gram kayu manis setiap hari. Bumbu serba guna ini bisa kamu tambahkan pada berbagai menu masakan kamu. Kayu manis akan menurunkan kolesterol jahat dengan cepat dan meningkatkan berat badan.

4. Oatmeal

Oatmeal memiliki manfaat kesehatan yang luar biasa. Ini karena oatmeal diperkaya dengan serat larut, beta-glukan dan juga bermanfaat dalam mengurangi kolesterol LDL sebanyak 12 hingga 24 persen.

Mulai makan semangkuk oatmeal untuk sarapan agar dapat mengurangi kadar kolesterol jahat di dalam tubuh dengan cepat.(jitunews.com)



Reaksi Kamu

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0