Lewat Napasnya Deteksi Paru-paru Basah Pada Anak

Pneumonia atau paru-paru basah menyebabkan kematian paling utama pada anak di dunia. Padahal, penyakit pneumonia ini sangat bisa dicegah asal memahami kondisi si kecil. Pneumonia merupakan penyakit peradangan pada paru-paru. Penyakit ini bisa menyerang siapa saja, termasuk anak-anak.
Lewat Napasnya Deteksi Paru-paru Basah Pada Anak
Melalui napas dapat untuk mendeteksi paru-paru basah pada anak./tribunnews.com

Nusantaratv.com  – Pneumonia atau paru-paru basah menyebabkan kematian paling utama pada anak di dunia. Padahal, penyakit pneumonia ini sangat bisa dicegah asal memahami kondisi si kecil. Pneumonia merupakan penyakit peradangan pada paru-paru. Penyakit ini bisa menyerang siapa saja, termasuk anak-anak.

Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular P2PM, Wiendra Waworuntu, mengatakan angka kematian anak di Indonesia akibat pneumonia berada di urutan kedua. Angka yang cukup tinggi tersebut ditengarai akibat minimnya pengetahuan orang tua.

BACA JUGA : Marko Simic Berharap The Jakmania ‘Banjiri’ SUGBK

“Orang tua cenderung tidak paham gejala pneumonia anak. Padahal gampang, kalau anak sudah sesak, demam tinggi, dan tulang dada menonjol saat bernapas, harusnya segera ke puskesmas,” ujar Wiendra dalam acara STOP Pneumonia, di kawasan Kota, Jakarta.

Kalau dinding dada anak sudah menonjol saat bernapas, ujar Wiendra, artinya itu sudah parah dan perlu dikonsultasikan segera ke dokter. Namun, jika kondisi anak masih sesak dan batuk, Wiendra menegaskan agar para orang tua segera menghitung jumlah napasnya.

“Napas tersenggal atau 60 kali per menit, lalu disertai demam dan flu, segera ke puskesmas,” jelasnya.

Nah, sudah jelas ya cara mendeteksi anak yang sesak napas akibat paru-paru basah. Segera ke puskesmas jika napas si kecil makin sesak, ya!

Sumber : viva.co.id



Reaksi Kamu

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0