Kenali, Ini Penyebab Sakit Degeneratif

dengan menjalani gaya hidup yang lebih baik maka kondisi fisik pun menjadi lebih prima sehingga tidak mudah terserang penyakit.
Kenali, Ini Penyebab Sakit Degeneratif
Ilustrasi (foto:independen)

Jakarta, Nusantaratv.com- Penyakit degeneratif berawal dari dari gaya hidup yang tidak sehat. Seseorang lebih sibuk dalam menjalani rutinitas sehingga lupa menjaga kesehatan. Beberapa di antaranya adalah kurang beristirahat, tidak cukup minum air, mengonsumsi makanan cepat saji, kurang berolahraga, merokok, dan mengonsumsi minuman alkohol.

Oleh sebab itu, ada baiknya Anda berbagi informasi mengenai bahaya gaya hidup yang buruk. Tentunya dengan menjalani gaya hidup yang lebih baik maka kondisi fisik pun menjadi lebih prima sehingga tidak mudah terserang penyakit

Akibatnya, penyakit-penyakit degenegeratif pun dengan mudah menyerang manusia. Beberapa contoh penyakit degeneratif adalah hipertensi, diabetes melitus, penyakit jantung koroner, dan stroke. Hal ini pun dibenarkan oleh Dokter Spesialis Penyakit Dalam & Konsultan Alergi Imunologi RS Premier, dr. Prasna Paramitha, SpPD, K-AI, FINASIM, MARS.

Menurutnya penyakit degeneratif bukanlah sebuah hal yang sepele. Jika dibiarkan, maka penyakit tersebut bisa berubah menjadi kritis karena pola hidup yang tak kunjung diperbaiki.

”Penyakit degeneratif jangan diabaikan karena dapat berkembang menjadi penyakit kritis jika gaya hidup tidak segera diperbaiki. Misalnya, kurang istirahat dapat menyebabkan darah tinggi. lni bisa menjadi pencetus terjadinya stroke dan penyumbatan kemudian penyumbatan itu juga berpotensi menyebabkan terjadinya kelumpuhan,” ucap dr. Prasna, dalam acara Sequis, Selasa (18/6/2019).

Lebih lanjut, dr. Prasna mengatakan bahwa makanan adalah salah satu pemicu terjadinya penyakit degeneratif. Makanan yang tidak sehat dan tidak higienis saat berada di tempat kerja tanpa disadari dapat merusak tubuh Anda.

“Misalnya saja di tempat kerja, biasanya kita lebih memilih jajan sehingga yang dikonsumsi pastinya makanan yang tidak sehat, seperti gorengan. Padahal alangkah lebih baik bila menyiapkan sendiri bekal dari rumah seperti sandwich, buah dan jika ingin kudapan kecil pilihlah yang bernutrisi atau rendah kalori," lanjutnya. 

Namun demikian, gaya hidup sehat tidak hanya soal makanan bergizi tetapi juga pola hidup, seperti cukup tidur, rutin berolahraga minimal 30 menit sehari, dan mampu mengelola stres. dr. Prasna menyarankan agar masyarakat bisa menjaga kebersihan lingkungan. Pasalnya, bila lingkungan tidak bersih akan tetap berpotensi menurunnya sistem pertahanan tubuh dan akan mudah terserang penyakit.



Reaksi Kamu

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0