Kaki Pegal-Pegal? Ini Cara Mengatasinya

Hampir semua orang pernah mengalami kaki pegal-pegal. Pegal pada betis sering terjadi setelah menjalani aktivitas harian yang padat atau berat. Kaki pegal juga bisa disebabkan karena pemakaian sepatu high heels dalam waktu yang cukup lama.
Kaki Pegal-Pegal? Ini Cara Mengatasinya
setelah berolahraga, betis terasa pegal/thinkstock

Nusantaratv.com - Hampir semua orang pernah mengalami kaki pegal-pegal. Pegal pada betis sering terjadi setelah menjalani aktivitas harian yang padat atau berat. Kaki pegal juga bisa disebabkan karena pemakaian sepatu high heels dalam waktu yang cukup lama.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi kaki pegal-pegal. Tidak perlu ke dokter karena Anda bisa mengatasinya sendiri dengan melakukan hal-hal berikut ini di rumah:

Baca Juga: Ini Penyebab Utama Penyakit Hepatitis A

1. Regangkan kaki dalam beberapa menit

Jika kaki terasa pegal, coba lakukan peregangan dengan cara meluruskan kaki ke depan. Biarkan otot dan urat kaki tertarik dengan sendirinya. Agar betis tidak terasa sakit saat bersentuhan ke lantai, gunakan bantal sebagai alas.

Apabila sudah mendingan, Anda bisa mengoleskan minyak ke betis dan otot kaki agar rasa pegal segera hilang. Pijat secara perlahan untuk melancarkan sirkulasi darah.

2. Rendam kaki dengan air hangat

Ambil baskom, lalu isi dengan air hangat. Tambahkan 1-2 sendok garam dapur ke dalam air hangat, lalu campurkan hingga merata. Masukkan kaki ke dalam baskom, dan tunggu sampai beberapa menit. Kalau mau, Anda bisa memijat kaki secara perlahan agar rasa nyeri semakin cepat hilang

Air hangat dipercaya dapat melancarkan sirkulasi darah, sehingga rasa pegal di bagian kaki dan tumit bisa hilang dalam beberapa menit saja.

Selanjutnya

BAGIKAN

REAKSI KAMU

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0