Jokowi Minta Januari 2020 Kartu Pra-Kerja Bisa Dinikmati

Jokowi minta Kartu Pra-Kerja berlaku mulai Januari tahun depan
Jokowi Minta Januari 2020 Kartu Pra-Kerja Bisa Dinikmati
Presiden Jokowi dan Wapres Ma'ruf Amin saat rapat terbatas mengenai Kartu Pra-Kerja

Jakarta, Nusantaratv.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta program Kartu Pra-Kerja diwujudkan pada 2020. Kartu Pra-Kerja merupakan program dalam janji kampanye Jokowi-Ma'ruf Amin saat Pemilu Presiden (Pilpres) 2019.

Baca juga: Jokowi Minta Nadiem Benahi Sistem Vokasi 

"Saya minta kartu pra-kerja ini segera bisa diimplementasikan tahun depan," ujar Jokowi saat rapat terbatas di Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (12/11/2019).

"Kita harapkan saat menginjak bulan Januari program ini sudah dijalankan," imbuhnya.

Menurut Jokowi, dengan Kartu Pra-Kerja seseorang bisa memilih langsung pelatihan atau kursus yang diminati lewat platform digital yang disiapkan pemerintah. Ada berbagai jenis pelatihan yang disiapkan.

"Mereka bisa memilih pelatihan yang diminati mulai misalnya barista kopi, animasi, desain grafis, bahasa Inggris, komputer, teknisi programming, coding," tutur Jokowi.

Atas itu, Jokowi meminta menteri terkait mencari perusahaan swasta dan BUMN yang bisa memberi berbagai jenis pelatihan. Di samping itu, balai latihan kerja (BLK) yang sudah ada juga dilibatkan dalam memberi pelatihan ini.

"Selain para pencari kerja, korban PHK juga perlu diberikan (pelatihan) yang ingin meningkatkan keterampilannya," jelasnya.

Jokowi turut memaparkan data jika 58 persen tenaga kerja di Indonesia merupakan lulusan SMP. Atas itu, reformasi harus dimulai dari hulu, yaitu pembenahan dalam sistem pelatihan dan vokasi.

"Itu urusan Mendikbud (Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim) yang kita harapkan disambungkan dengan kebutuhan dunia usaha dan industri," tandas mantan Wali Kota Solo.



Reaksi Kamu

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0