Jaga Budaya, Gerakan Selasa Berkebaya Digalakkan

Demi kelestarian budaya, gerakan berkebaya nasional tengah didorong untuk digalakkan
Jaga Budaya, Gerakan Selasa Berkebaya Digalakkan
Diskusi gerakan berkebaya yang digelar Ditjen Kebudayaan Kemendikbud dan Komunitas Perempuan Berkebaya Indonesia
Untitled Document

Jakarta, Nusantaratv.com -Komunitas Perempuan Berkebaya Indonesia mendorong gerakan Selasa Berkebaya. Gerakan ini sebagai upaya membangkitkan dan mengembalikan semangat cinta kepada kebudayaan Indonesia seperti berkebaya.

"Setiap selasa para perempuan menggunakan kebaya dalam kesehariannya, baik ke kantor, ke pasar, dan berbagai aktivitas lainnya," ujar pendiri Komunitas Perempuan Berkebaya Indonesia Rahmi Hidayati di Jakarta, Selasa (16/7/2019).

Gerakan Indonesia Berkebaya menyasar generasi muda. Sehingga mereka mengenali sejarah dan budaya bangsa.

"Kami juga ingin meningkatkan kreativitas dalam mendesain kebaya tanpa meninggalkan pakem budaya yang merupakan warisan leluhur, menjadi pemersatu bangsa, dan fungsi ekonomi yang bisa memajukan ekonomi kerakyatan," jelas Rahmi.

Komunitas ini siap memperjuangkan kebaya untuk didaftarkan ke Badan PBB untuk Pendidikan, Ilmu Pengetahuan, dan Kebudayaan (UNESCO). Agar, nantinya dapat dikenal seperti batik, yang merupakan warisan budaya asli Indonesia.

Pihaknya pun mengusulkan penetapan hari berkebaya nasional kepada Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. "Selain itu, diharapkan pemerintah akan menetapkan salah satu tanggal sebagai Hari Kebaya Nasional," ucap Rahmi.

Sementara, Direktur Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Hilmar Farid, meminta kegiatan yang mengusung nilai kebudayaan asli Indonesia dengan mengikutsertakan kebaya, diperbanyak.

"Dengan demikian, masyarakat memiliki alasan untuk membiasakan diri mengenakan busana nasional," ujar Hilmar. 

Senadan, perancang busana Musa Widyatmodjo, mengatakan bahwa Indonesia  memerlukan banyak perhelatan yang kental akan kebudayaan, salah satunya menampilkan kebaya.

"Saya punya mimpi ingin sekali ada pameran kebaya. Nanti ada foto dari kebaya sejarah, foto dari arsip Nasional, lukisan istana negara yang bernuansa kebaya, koleksi baju ibu negara, dan ada fashion show. Itu satu event yang harus dibangun," jelas Musa. (Rizk)