Pemkot Surabaya Siap Bangun Wisata Religi Little Makkah di Kawasan Ampel

Namun untuk konsep detailnya masih direncanakan.

Patung buaya dan hiu ikon kota Surabaya/ist

Surabaya, Nusantara TV-Pemerintah Kota Surabaya punya proyek prestisius di bidang pariwisata khususnya wisata religi. Ibu kota Jawa Timur ini siap mengembangkan destinasi wisata religi baru yang mengusung konsep Little Makkah di kawasan Ampel. 

Namun untuk konsep detailnya masih direncanakan. 

"Kita belum dapat detailnya dari pak wali kota maupun dari Bappeko, inisiasinya dari Bappeko. Cuman wacana untuk menjadikan itu kawasan religi, termasuk tema sudah ada rencana seperti itu," kata Kabid Bangunan Gedung Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Cipta Karya dan Tata Ruang (DPRKPCKTR) Surabaya Iman Krestian dikutip dari detik, Senin (5/4/2021).

Sambil mempersiapkan rencana pembangunan Little Makkah, Pemkot Surabaya terlebih dahulu merelokasi Rumah Potong Hewan (RPH), karena polusi bau yang cukup mengganggu.

Baca juga: Pemkot Surabaya Siap Bangun Rumah Sakit Covid-19

Setelah itu, Pemkot Surabaya bisa melakukan persiapan lainnya, seperti Museum Religi dan lainnya.

"Membangun Museum Religi, tempat singgah buat wisatawan di sana, sentra UKM, gedung parkir terpadu dan pengembangan terminal," ujar Iman.

Iman menegaskan jika Little Makkah nantinya tidak akan menggantikan wisata religi Ampel. Melainkan hanya kawasannya menjadi satu.

"Tidak menggantikan Ampel. Ini kawasan Ampel, wisata religinya satu kawasan Ampel tersebut dengan sentrumnya di makam Ampel. Lokasinya satu kawasan wisata religi Ampel akan kita kembangkan semua kawasan termasuk Ampel," jelasnya.

Sementara itu Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi mengatakan dalam perencanaan pembangunan  kawasan wisata religi Ampel berkonsep Little Makkah. Pihaknya juga berkoordinasi dengan warga di sekitar.

like
dislike
love
funny
angry
sad
wow
Login dengan
LIVE TV & NETWORK