Presiden Jokowi Minta Setiap Investasi Gandeng Pengusaha Lokal

Agar UMKM Naik Kelas, Presiden Jokowi Minta Setiap Investasi Gandeng Pengusaha Lokal
Presiden Jokowi Minta Setiap Investasi Gandeng Pengusaha Lokal
Ratas terkait pemberdayaan UMKM di Kantor Presiden, Jakarta/ Setkab

Jakarta, Nusantaratv.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menilai program perlindungan, pemberdayaan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) yang saat ini tersebar di seluruh kementerian maupun lembaga tidak fokus, tidak terkordinasi dan terkonsolidasi, sehingga hasilnya kurang nendang.

"Apa yang sudah dilakukan oleh sebuah kementerian diulang lagi oleh BUMN ataupun swasta. Sehingga akhirnya apa? Target grupnya itu-itu saja," ujar Presiden Jokowi di Kantor Presiden, Jakarta, Senin (11/11/2019).

Baca Juga: Suku Bunga BI Turun, Jokowi Sindir Bank yang Tak Turunkan Bunga Kredit

Selain itu yang kedua, Presiden melihat program pemberdayaan UMKM ini masih rutinitas, masih monoton dan sering tidak sesuai dengan apa yang dibutuhkan oleh UMKM.

"Saya melihat misalnya, kredit dari perbankan yang diberikan kepada usaha mikro, usaha kecil lewat subsidi.  Subsidi apa? Subsidi bunga, subsidi bunga bagi UKM," kata Presiden Jokowi.

Sementara itu Presiden Jokowoi meminta agar  tahun depan bisa ditingkatkan lagi dua kali lipat. Presiden juga mengingatkan, program tersebut harus ditambahkan kepada usaha-usaha produksi, bukan pada usaha-usaha perdagangan yanga masih banyak sekarang ini.



Reaksi Kamu

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0