Peluang Berunding dengan OPM, Ini Kata TNI

Jokowi sebelumnya mengatakan konflik Papua tak bisa selesai hanya dengan senjata

OPM. (Net)

Nusantaratv.com - Kepala Penerangan Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Kogabwilhan) III Kolonel Czi IGN Suriastawa menyebut pihaknya selalu siap menjalankan perintah dari pimpinan.

Kesiapan tersebut berkaitan dengan perintah Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang menyebut penyelesaian konflik di Papua tak hanya selesai dengan senjata.
Suriastawa menegaskan permintaan Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat (TPNPB) Organisasi Papua Merdeka (OPM) yang ingin ada perundingan tanpa melibatkan TNI Polri pun bergantung pada perintah pimpinan.

"Yang jelas kita prajurit siap melaksanakan perintah," kata Suriastawa, Selasa (15/6/2021).

Hal ini dilakukan pihaknya semata-mata, kata Suriastawa untuk menjaga keamanan dan persatuan negara. Apalagi setiap prajurit TNI terikat dengan sumpah prajurit.

"Sapta marga, dan delapan wajib TNI yang muaranya yaitu pengabdian yang tulus pada bangsa dan negara kesatuan RI. Yang jelas ya kami selalu siap menjalankan perintah pimpinan. Apapun itu selama untuk Indonesia," kata dia.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo memberi arahan kepada Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD terkait penyelesaian konflik di Papua. Mantan Gubernur DKI Jakarta itu mengatakan persoalan yang selama ini terjadi di Papua dan Papua Barat tak bisa diselesaikan hanya dengan senjata dan letusan perang.

Jokowi, kata Mahfud, menginginkan pendekatan kesejahteraan sebagai modal utama penyelesaian konflik di Papua.

"Prinsipnya sesuai arahan presiden, menyelesaikan persoalan di Papua jangan dengan senjata dan letusan, tapi dengan dialog demi kesejahteraan," kata Mahfud dikutip dari akun YouTube resmi Polhukam RI, Selasa (15/6/2021).

Di sisi lain, Juru Bicara Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat (TPNPB) Organisasi Papua Merdeka (OPM) Sebby Sambon menyambut baik keinginan Presiden Joko Widodo terkait penyelesaian konflik Papua tak bisa dilakukan hanya dengan senjata.

Bahkan kata Sebby, pihaknya telah lebih dulu menggaungkan perundingan jauh sebelum Jokowi mengatakan hal tersebut melalui Menko Polhukam Mahfud MD.

"Kami sudah ajukan Perundingan untuk selesaikan konflik bersenjata antara Pasukan TPNPB-OPM dan Pemerintah Indonesia, bukan dengan TNI/Polri," kata Sebby, Selasa (15/6/2021). Demikian dikutip dari CNNIndonesia.com.

like
dislike
love
funny
angry
sad
wow
Login dengan
LIVE TV & NETWORK