Pekan Depan, Yamaha FZ-X Siap Mengaspal di India

Yamaha Sudah Cukup Lama Menguji Sepeda Motor FZ-X.

Yamaha FZ-X siap dirilis. (Hindustan Times)

Nusantaratv.com - Yamaha Motor India bersiap meluncurkan sepeda motor terbaru mereka pada 18 Juni mendatang. 

Undangan peluncuran virtual dalam bentuk poster telah tersebar. Terdapat tagline 'Ride Free' yang menunjukan kebebasan berkendara. Kendati tidak menyebutkan nama produknya, tapi kemungkinan besar merujuk pada varian baru FZ.

Pada awal tahun, Yamaha diketahui mengajukan merek dagang dengan nama FZ-X. Mulanya kode tersebut diindikasikan sebagai motor petualang dengan kapasitas mesin 250 cc. Namun pada Mei 2021 barulah diketahui bila unit anyar itu merupakan motor bergaya neo retro.

Mengutip Hindustan Times, Kamis (10/6/2021), pabrikan asal Jepang itu ternyata sudah cukup lama menguji sepeda motor FZ-X. Dari dokumen yang bocor, mengungkapkan motor tersebut akan menggunakan mesin satu silinder 149cc berpendingin udara yang bersumber dari jajaran FZ-FI. 

Sepeda motor ini sanggup menghasilkan tenaga sebesar 12,4hp pada 7.250rpm dan torsi 13,3Nm. Kendati mengambil basis mesin dari saudaranya, namun model rangka yang digunakan berbeda. Otomatis dimensinya juga berubah. 

Yamaha FZ-FI berukuran 1.990 mm x 780 mm x 1.080 mm. Diharapkan motor ini memiliki bodi lebih ramping karena tidak banyak komponen bodi yang menempel. Namun bila dilihat dari jarak sumbu roda, sepertinya identik di 1.330 mm.

Meski mengadopsi unsur klasik, beberapa sektor sudah mendapat sentuhan modern. Di dalam headlamp yang bulat, sudah tersemat lampu berteknologi LED, lengkap dengan DRL. Sinyal belok masih pakai model lama alias bohlam. 

Bentuknya juga mirip dengan varian FZ lain. Panel instrumen tampak besar. Banyak yang berharap sudah full digital serta mendapat fitur konektivitas seperti saudaranya. Komponen di kaki-kakinya tampak identik dengan versi reguler. Depan suspensi teleskopik dan belakang monoshock

Bedanya di sektor depan diberikan peranti tambahan karet pelindung. Rodanya pakai pelek model cast wheels dan sudah disematkan pengereman cakram. Perbedaan tampak jelas dari kulit bundar. Motor ini menggunakan jenis dual purpose agar menunjang tampilan retro.

Yamaha FZ-X diperkirakan akan dibanderol dengan harga Rs1,15 lakh atau sekitar Rp23 jutaan.

like
dislike
love
funny
angry
sad
wow
Login dengan
LIVE TV & NETWORK