PAL-V, Jadi Mobil Terbang Pertama Bersertifikat EASA

Membawa Mobil Terbang ke Pasar Komersil Sangat Sulit.

Mobil terbang Pal-V. (New Straits Times)

Nusantaratv.com - Usai menjadi mobil terbang pertama yang mendapatkan izin beroperasi di jalan raya Eropa, perusahaan asal Belanda PAL-V juga menjadi pabrikan commercial flying car pertama yang mendapat sertifikasi penuh dari Badan Keselamatan Penerbangan Uni Eropa (European Union Aviation Safety Agency/EASA).

Paska menjalani pengujian selama 10 tahun, tim spesialis EASA menuntaskan persyaratan sertifikasi untuk PAL-V Liberty, sebuah mobil terbang dengan desain layaknya mobil mungil tiga roda yang dilengkapi sayap.

CEO PAL-V, Robert Dingemanse, mengatakan membawa mobil terbang ke pasar komersil sangat sulit, setidaknya membutuhkan waktu selama 10 tahun.

"Meskipun kami adalah pebisnis berpengalaman, kami belajar bahwa dalam penerbangan semuanya lebih ketat. Di samping pesawat, semua aspek organisasi, termasuk pemasok dan perawatan harus disertifikasi," ujarnya, seperti dikutip dari JDSupra, Sabtu (27/2/2021).

Pada 2009, PAL-V mengajukan sertifikasi spesifikasi Helikopter Kecil CS-27 kepada EASA. Hal itu menjadi titik awal untuk seluruh model yang akan disertifikasi.

PAL-V bermitra dengan EASA untuk mengubah daftar lengkap, meliputi lebih dari 1.500 kriteria, agar bisa mendapatkan sertifikasi itu. Daftar itu diterbitkan tahun lalu untuk ditinjau oleh pakar industri dan versi finalnya telah diterbitkan pada pekan lalu.

Sertifikat tipe EASA berlaku untuk Eropa dan diterima di 80 persen pasar dunia, termasuk Amerika Serikat (AS) dan China, yang memungkinkan armada PAL-V digunakan di sana.

like
dislike
love
funny
angry
sad
wow
Login dengan
LIVE TV & NETWORK