Nissan Jual Saham Mitsubishi?

Juru Bicara Mitsubishi Mengatakan Perusahaan Akan Terus Berkolaborasi Dalam Aliansi.
Adiantoro - Otomotif,Selasa, 17-11-2020 09:40 WIB
Nissan Jual Saham Mitsubishi?
Ilustrasi. (Istimewa)

Jakarta, Nusantaratv.com - Nissan dikabarkan sedang mempertimbangkan menjual sebagian atau seluruh sahamnya sebesar 34 persen di Mitsubishi Motors. Terlebih, penggabungan perusahaan telah membentuk aliansi tiga arah bersama Renault.

Terkait kabar ini, saham Nissan melonjak 5 persen, sedangkan Mitsubishi naik sebedar 3 persen. Dimana salah satu kemungkinan bagi Nissan yakni menjual sahamnya ke entitas grup Mitsubishi, seperti Mitsubishi Corp, yang sudah memiliki seperlima saham Mitsubishi Motors.

Tidak ada rencana untuk mengubah struktur modal dengan Mitsubishi - kata juru bicara Nissan menanggapi kabar ini dalam pernyataan email kepada Reuters. 

Serupa, juru bicara Mitsubishi mengatakan perusahaan akan terus berkolaborasi dalam aliansi. Dan, jika Nissan pada akhirnya menjual saham di Mitsubishi, hal ini akan sangat jauh berbeda seperti yang dibayangkan mantan CEO Nissan Carlos Ghosn atas ambisi aliansinya.

Sebelum penangkapan Ghosn pada 2018 atas tuduhan pelanggaran financial, dia ingin Renault dan Nissan bergabung sepenuhnya. Nissan, yang memiliki 43 persen sahamnya dimiliki oleh Renault, memangkas perkiraan kerugian operasinya untuk tahun ini hingga Maret sebesar 28 persen, dibantu kembalinya permintaan, terutama di China. 

Sedangkan Mitsubishi Motors, yang merupakan produsen mobil terbesar ke-6 di Jepang, memperkirakan kerugian operasional sebesar 140 miliar yen pada tahun bisnis tersebut. Ya! Baik Nissan maupun Mitsubishi memangkas tingkat produksi dan biaya untuk kembali ke profitabilitas. 

Reaksi Kamu dengan Artikel ini

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0