Wabah COVID-19, Permintaan Kendaraan Otonom Melonjak

Neolix Berharap Bisa Memproduksi dan Menjual Kendaraan Otonom Buatannya Lebih Dari 1.000 Unit Hingga Akhir Tahun Ini.
Adiantoro - Otomotif,Kamis, 19-03-2020 17:26 WIB
Wabah COVID-19, Permintaan Kendaraan Otonom Melonjak
Kendaraan otonom besutan Neolix. (Gizmochina)

Jakarta, Nusantaratv.com - Mewabahnya virus corona (COVID-19) di China ternyata memiliki dampak positif bagi produsen mobil berteknologi otonom. Seperti yang dirasakan Neolix, produsen kendaraan kecil tanpa sopir sekaligus operator jasa pengantaran di Negeri Tirai Bambu itu.

Kendaraan otonom besutan Neolix ini, bahkan telah dikerahkan membantu penanganan wabah COVID-19, termasuk di kota Wuhan, yang menjadi pusat penyebaran virus mematikan tersebut. Kendaraan otonom ini digunakan untuk mensuplai makanan pada petugas medis yang membutuhkan.

Di sisi lain, terdapat permintaan yang meningkat pada kendaraan otonom buatan Neolix ini dalam beberapa bulan terakhir. Melihat manfaat besar dari kendaraan otonom di tengah penyebaran wabah COVID-19, pemerintah China memutuskan memberikan subsidi hingga 60 persen dari total harga kendaraan bagi perusahaan apa saja yang ingin membeli kendaraan otonom tersebut.

Baca Juga: Toyota dan Perusahaan Startup Asal China Bersinergi, Kembangkan Mobil Otonom   

Dilansir dari Gizmochina, Kamis (19/3/2020), Neolix sebelumnya hanya memproduksi 125 unit yang dimulai sejak Mei 2019. Tapi, saat ini sudah ada lebih dari 200 layanan kendaraan otonom yang dipesan selama dua bulan terakhir. Dan, dengan subsidi yang diberikan pemerintah China, Neolix berharap bisa memproduksi dan menjual lebih dari 1.000 unit hingga akhir tahun ini.

Kendaraan otonom selalu dianggap berbahaya di jalan umum dengan banyaknya kendaraan lain dan pejalan kaki. Namun, karena sebagian besar wilayah di dunia saat ini menerapkan kebijakan lockdown, yang membatasi aktivitas warga di luar rumah akibat wabah COVID-19, membuat sebagian besar jalan umum tampak lengang.

Kondisi ini membuat kendaraan otonom bisa dimanfaatkan secara maksimal tanpa khawatir menggangu, terutama untuk mensuplai berbagai kebutuhan yang digunakan ke wilayah yang terdampak wabah COVID-19. 

Reaksi Kamu dengan Artikel ini

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0