Power Steering Bermasalah, Tesla Recall 15.000 SUV Model X

Tesla Menyebut Pengguna Bisa Terus Mengoperasikan Model X SUV Mereka Sebelum Masalah Tersebut di Atasi.
Adiantoro - Otomotif,Kamis, 13-02-2020 12:42 WIB
Power Steering Bermasalah, Tesla Recall 15.000 SUV Model X
Tesla model X tahun 2016. (Cnet)

Jakarta, Nusantaratv.com - Perusahaan otomotif asal Amerika Serikat (AS), Tesla, menarik kembali (recall) terhadap 15.000 unit SUV (Sport Utility Vehicle) Model X karena masalah yang diduga terjadi pada power steering.

Akibatnya kemudi terasa berat saat setir diputar dan meningkatkan risiko kecelakaan. Administrasi Keselamatan Lalu Lintas Jalan Raya Nasional (NHTSA) dan Transport Kanada mengatakan baut aluminium yang menghubungkan gigi kemudi tenaga listrik membantu motor ke rumah roda gigi dapat menimbulkan korosi dan kerusakan yang menyebabkan berkurangnya atau hilangnya bantuan power steering pada beberapa kendaraan model tahun 2016.

Dilansir dari Reuters, Kamis (13/2/2020), Tesla mengatakan kendaraan yang ditarik sebagian besar merupakan kendaraan Model X yang diproduksi sebelum pertengahan Oktober 2016. Tapi upaya penarikan kembali tersebut tidak mempengaruhi kendaraan yang diproduksi setelah tanggal tersebut.

Tesla juga mengeluarkan penarikan serupa pada Maret 2018 untuk 123.000 unit kendaraan Model S di seluruh dunia yang diproduksi sebelum April 2016, guna mengganti baut motor bantu kemudi. NHTSA mengatakan tidak ada kecelakaan atau cedera yang diketahui terkait dengan masalah ini. Penarikan itu mencakup 14.193 kendaraan di Amerika Serikat (AS) dan 843 di Kanada. 

Baca Juga: Kabel Bermasalah Bisa Sebabkan Kebakaran, Honda Tarik 241.000 Unit Kendaraan Odyssey Minivan

Menurut Transport Kanada, Tesla akan mengatur penggantian baut pemasangan dan juga akan mengganti roda kemudi jika diperlukan. Sedangkan Tesla mengatakan telah mengamati korosi berlebihan pada baut yang menghubungkan komponen ini ke perangkat kemudi di kendaraan Model X yang terkena dampak dan terutama di daerah dengan iklim sangat dingin.

Tesla menyebut jika baut gagal itu akan membutuhkan kekuatan lebih untuk memutar setir, terutama selama manuver parkir dengan kecepatan rendah. Tesla juga mengungkapkan tidak mengetahui adanya cedera atau tabrakan yang berkaitan dengan komponen power steering.

Tesla menambahkan pengguna bisa terus mengoperasikan Model X SUV mereka sebelum masalah ini di atasi. Tesla mengatakan akan menghubungi pemilik untuk menjadwalkan janji temu ketika suku cadang tersedia.

Tesla juga akan menambahkan pelindung pencegah korosi di semua kendaraan Model X yang terkena dampak untuk mengatasi masalah itu sehingga aman, meski kendaraan dioperasikan di daerah beriklim dingin.

Reaksi Kamu dengan Artikel ini

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0