Jaguar Land Rover Perkenalkan Mobil Masa Otonom, Diuji Cobakan Tahun Depan

Jaguar Land Rover Akan Bekerja Sama Dengan Dewan Kota Coventry dan Otoritas Gabungan West Midlands untuk Uji Coba Layanan...
Adiantoro - Otomotif,Kamis, 20-02-2020 11:28 WIB
Jaguar Land Rover Perkenalkan Mobil Masa Otonom, Diuji Cobakan Tahun Depan
Mobil otonom JLR Project Vector. (Engadget)

Jakarta, Nusantaratv.com - Jaguar Land Rover (JLR) merilis kendaraan konsep baru. Ini selaras dengan misi perusahaan, yakni zero emissions (nol emisi).

Salah satu upaya yang dilakukan produsen otomotif asal Inggris itu adalah dengan menguji konsep mobil otonom Project Vector di Negara Ratu Elizabeth tersebut, pada 2021 mendatang.

Mobil listrik Project Vector ini memiliki panjang empat meter (157,5 inci). Baterai dan komponen drivetrain berada di bawah mobil, yang membuatnya lebih lega. Mobil ini memang dirancang sebagai kendaraan perkotaan yang multiguna dan fleksibel.

Project Vector memiliki peran penting mewujudkan misi JLR. Kendaraan ini digadang sebagai bagian dari kota pintar di masa depan, untuk menemani aktivitas pribadi maupun bersama orang terdekat. 

Baca Juga: Suzuki Rilis New Ignis, Begini Penampakannya

Project Vector sendiri dikembangkan di Pusat Inovasi Otomotif Nasional di Universitas Warwick Inggris, dengan mendapatkan masukan dari mitra akademis dan industri.

"Perjalanan perkotaan di masa depan akan menjadi gabungan dari kendaraan yang dimiliki dan dibagi, akses untuk naik layanan panggilan dan sesuai permintaan serta transportasi umum," kata Dr Tim Leverton, Direktur Proyek, dilansir dari Engadget, Kamis (20/2/2020). 

"Visi kami menunjukkan kendaraan sebagai bagian fleksibel dari jaringan mobilitas perkotaan yang dapat disesuaikan untuk berbagai tujuan," lanjutnya.

JLR akan bekerja sama dengan Dewan Kota Coventry dan Otoritas Gabungan West Midlands, untuk uji coba layanannya pada akhir 2021. Saat itu, Project Vector akan memulai program percontohan, sekaligus laboratorium hidup untuk mobilitas masa depan di jalan-jalan Kota Coventry.

Reaksi Kamu dengan Artikel ini

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0