Segway-Nineboat Luncurkan Skuter Listrik yang Bisa Berjalan Sendiri ke Stasiun Isi Ulang

Skuter listrik KickScooter T60 buatan Ninebot diperkirakan akan dijual seharga 1.420 dolar AS atau sekitar Rp20,2 juta
Segway-Nineboat Luncurkan Skuter Listrik yang Bisa Berjalan Sendiri ke Stasiun Isi Ulang
Skuter listrik KickScooter T60. (Engadget)

Jakarta, Nusantaratv.com - Segway-Ninebot Group, perusahaan yang berbasis di Beijing, China, baru saja memperkenalkan skuter listrik bernama KockScooter T60. Skuter listrik ini dapat berjalan sendiri ke stasiun isi ulang tanpa pengemudi.  

Ninebot mengatakan bahwa perusahaan Uber dan Lyft, yang telah berkembang mencakup penyewaan skuter listrik, telah menyatakan minat pada skuter baru semi-otonom ini, dan baru akan mengoperasikannya pada awal tahun depan.

Gao Lufeng, Chairman dan Chief Executive Ninebot, mengatakan skuter yang digerakan dengan kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) dengan konektivitas komputasi cloud jarak jauh, sehingga dapat menggerakkan dirinya sendiri ke stasiun pengisian daya.

"Terpenting bagi operator skuter adalah menjaga skuter dengan biaya lebih rendah," ujar Gao, dilansir dari Reuters, Senin (19/8/2019).

Berdiri pada 2015 oleh gabungan dari produsen elektronik China, Ninebot dan perusahaan mobilitas Amerika Serikat (AS) Segway, perusahaan ini menjadi penyedia skuter listrik terkemuka untuk startup penyewaan skuter seperti Bird dan Lime. 

"Saya percaya skuter akan menggantikan sepeda sebagai solusi utama untuk mobilitas mikro. Sudah menjadi sifat manusia untuk menghemat energi saat bepergian," sambung Gao.

Mode berbagi skuter dipicu dua tahun lalu dengan peluncuran Bird di California. Investor modal ventura sejak itu telah mengalirkan ratusan juta dolar AS ke sektor ini, dan armada skuter bertenaga listrik saat ini beroperasi di kota-kota di seluruh AS dan Eropa.

Segway-Ninebot Group telah mengajukan permohonan untuk mendaftarkan sahamnya pada the China's new Nasdaq-style board bagi perusahaan teknologi lokal, the STAR Market. Perusahaan itu diinformasikan berhasil menjual 1,6 juta skuter pada 2018.

Julie Wood, Juru Bicara Lyft, mengatakan perusahaannya selalu tertarik melihat inovasi terbaru dari mitra potensial seperti Ninebot.

"Tapi kami belum membuat komitmen apa pun tentang produk ini," tulis juru bicara Lyft dalam pesan emailnya.

Dan, untuk skuter listrik KickScooter T60 buatan Ninebot diperkirakan akan dijual seharga 1.420 dolar AS atau sekitar Rp20,2 juta.