Negara Pusing Masalah Sampah, Swedia Malah Mengimpornya

Kalau banyak negara mengeluh tentang banyaknya sampah yang menumpuk, Swedia malah menjadi salah negara yang kekurangan sampah.

Ilustrasi, warga swedia disiplin membuang sampah pada tempatnya.

Nusantaratv.com - Swedia adalah salah negara di benua Eropa yang warganya memiliki kesadaran tinggi akan kebersihan baik di sekitar rumah maupun pada lingkungan alam sekitarnya.

Kalau banyak negara mengeluh tentang banyaknya sampah yang menumpuk, Swedia malah menjadi salah negara yang kekurangan sampah. Hal ini berkat disiplin warganya yang selalu menjaga lingkungan agar tetap bersih. Mereka mengelola sampah dengan baik sehingga tidak berserakan di sembarang tempat.

Awalnya, hanya segelintir orang Swedia yang peduli pada masalah lingkungan. Lalu mereka membuat program agar orang-orang tidak membuang sampah sembarangan. Semakin lama banyak orang mulai sadar dan ikut membantu menjaga lingkungan dan alam sekitarnya.

Seiring berjalannya waktu, pemerintah Swedia berusaha untuk membuat sistem daur ulang sampah Sampah-sampah akan dibakar lalu energi panasnya disalurkan ke jaringan pemanas nasional.

Hal ini berfungsi untuk menghangatkan rumah-rumah warga saat musim dingin tiba. Jadi, pemerintah mendaur ulang sampah-sampah itu supaya bisa bermanfaat lagi untuk masyarakat.

Bahkan, supaya pabrik daur ulang sampah tetap bisa beroperasi, pemerintah Swedia sampai harus mengimpor sampah dari negara lain, lho.

Sumber: Indozone.id

like
dislike
love
funny
angry
sad
wow
Login dengan
LIVE TV & NETWORK