TNI Turunkan Baliho HRS, Pengamat: Apa Dasar Hukumnya?

TNI seharusnya lebih dulu mendorong institusi fungsional tersebut untuk menjalankan tugasnya. 
Ramses Rianto Manurung - Nasional,Jumat, 20-11-2020 17:45 WIB
TNI Turunkan Baliho HRS, Pengamat: Apa Dasar Hukumnya?
Penurunan baliho HRS oleh prajurit TNI/ist

Jakarta, Nusantaratv.com - Tindakan TNI menurunkan spanduk dan baliho bergambar Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Shihab menuai polemik. Dasar hukum dari tindakan TNI tersebut dipertanyakan sejumlah pihak, salah satunya Wakil Direktur Imparsial Gufron Mabruri. 

Gufron menilai tindakan itu tak sesuai tugas pokok dan fungsi TNI sebagaimana diatur dalam Undang-undang (UU) Nomor 34 tahun 2004 tentang TNI. 

"Kalau dilihat dari tupoksi, mengacu UU TNI jelas itu bukan ranah TNI untuk terlibat dalam penegakan hukum, keamanan dan ketertiban," ujar Gufron dikutip dari Kompas.com, Jumat (20/11/2020). 

Menurut Gufron, TNI semestinya tak perlu repot terlibat dalam penertiban spanduk. Karena ada institusi fungsional yang mempunyai kewenangan dalam menertibkan spanduk, jika spanduk itu memang melanggar peraturan, misalnya Satpol PP.

Baca juga: Polisi Tak Minta Klarifikasi Gubernur Banten Soal Habib Rizieq, Ini Alasannya

Dikatakan, TNI seharusnya lebih dulu mendorong institusi fungsional tersebut untuk menjalankan tugasnya. 

"Institusi fungsional yang harusnya didorong untuk melakukan itu. Kalau konteksnya Jakarta, ada Satpol PP yang sebenarnya itu institusi fungsional untuk melakukan penertiban spanduk," ujarnya. 

Guforn menngingatkan supaya TNI tak melulu mengerahkan prajuritnya dalam urusan penegakan hukum serta ketertiban dan keamanan masyarakat (Kamtibmas) sepanjang ada kewenangan yang dimiliki institusi fungsional. 

"Jangan sedikit-sedikit TNI dikerahkan, yang justru kontraproduktif, terlepas itu ada perbedaan politik," tandasnya.

Diketahui, Pangdam Jaya Mayjen TNI Dudung Abdurachman mengakui, ia memerintahkan jajarannya untuk mencopot spanduk dan baliho pemimpin Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab.

Bahkan Dudung memastikan operasi untuk menurunkan baliho Rizieq masih akan terus berlanjut. 

Reaksi Kamu dengan Artikel ini

like
0
love
0
funny
0
angry
1
sad
0
wow
0