Kekuatan Habib Rizieq Bisa Pengaruhi Persaingan Politik 2024

Dengan merangkul Habib Rizieq dan massanya, maka kegaduhan akibat dari perbedaan pendapat bisa tereliminasi. Langkah tersebut...
Ramses Rianto Manurung - Nasional,Rabu, 11-11-2020 02:05 WIB
Kekuatan Habib Rizieq Bisa Pengaruhi Persaingan Politik 2024
Habib Rizieq Shihab/ist

Jakarta, Nusantaratv.com-Direktur Kajian Politik Nasional (KPN), Adib Miftahul menilai Habib Rizieq Shihab memiliki kekuatan yang tak bisa dipandang sebelah mata. Terbukti, kepulangannya ke Indonesia disambut ribuan pendukungnya yang militan. 

Bahkan sehari sebelum Habib Rizieq mendarat di Bandara Soekarno-Hatta, ribuan pendukungnya sudah memadati kawasan Terminal 3 bandara internasional itu.

Menurut Adib, kekuatan Habib Rizieq tidak boleh dipandang sebelah mata. Banyaknya pendukung menjadi modal kekuatan politik untuk tahun 2024.

"Melihat animo pendukung yang menjemput di Bandara yang begitu banyak, saya pikir ini adalah satu kekuatan politik," kata Adib, Selasa (10/11/2020).

Baca juga: Habib Rizieq Bersedia 'Rujuk' Dengan Jokowi, Tapi...

Melihat realitas itu, Adib menyatakan negara harus hadir. Artinya, negara bisa mengakomodir kepentingan-kepentingan Habib Rizieq yang selaras dengan pemerintah.

Bahkan langkah itu bisa menjadikan Habib Rizeq sebagai mitra. Bukan sebaliknya, yang terkesan memukul melalui narasi-narasi yang bertentangan.

"Bukan hanya lip service (basa basi) cuma sekedar mengungkapkan di media massa, melainkan ada benar-benar dirangkul untuk kepentingan bangsa dan negara, jangan seolah negara memukul," paparnya.

Dengan merangkul Habib Rizieq dan massanya, maka kegaduhan akibat dari perbedaan pendapat bisa tereliminasi. Langkah tersebut diharapkan dapat membuat teduh proses politik pada 2024. 

 

Reaksi Kamu dengan Artikel ini

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0