Kader: Kami Bukan PKI dan HTI, Kami PDI Perjuangan!

Mereka menuntut pembakar bendera segera ditangkap
Mochammad Rizki - Nasional,Kamis, 25-06-2020 18:39 WIB
Kader: Kami Bukan PKI dan HTI, Kami PDI Perjuangan!
Massa PDIP saat berunjuk rasa.

Jakarta, Nusantaratv.com - "Kami bukan PKI, kami bukan HTI, kami bukan ISIS, kami bukan teroris. Kami PDI Perjuangan. Merdeka, merdeka, merdeka!" demikian pekik salah seorang orator, saat berunjuk rasa di sekitar Mapolres Metro Jakarta Timur, Kamis (25/6/2020). 

Baca juga: Bendera Dibakar, PDI Perjuangan Tempuh Jalur Hukum 

Seruan yang juga diamini ratusan kader PDI Perjuangan Jakarta Timur itu, disampaikan sebagai wujud protes terhadap pembakaran bendera Partai oleh salah satu kelompok, saat demonstrasi menolak Rancangan Undang-Undang Haluan Ideologi Pancasila (RUU HIP) di Gedung DPR/MPR, Kamis (24/6/2020). 

Mereka ingin pelaku pembakaran cepat diproses hukum.

"Kami menuntut pelaku pembakaran bendera PDI Perjuangan kemarin, dapat segera ditangkap dan ditindak sesuai hukum yang berlaku," kata Sekretaris DPC PDI Perjuangan Jakarta Timur, Eko Wicaksono. 

Dalam aksinya, massa sempat menggelar aksi longmarch atau berjalan kaki menuju Mapolres. 

Sementara, Ketua DPC PDI Perjuangan Jakarta Timur Dwi Rio Sambodo, mengimbau masyarakat tak terprovokasi dengan peristiwa pembakaran bendera yang rekaman videonya viral di media sosial itu. 

Pihaknya berharap agar kejadian tersebut tak merambat dan mempengaruhi masyarakat bawah, dan ujungnya terjadi konflik horizontal antar mereka. 

"Cukup 350 tahun kolonialisme bercokol di Indonesia dan kita tidak mau lagi kembali pada era adu domba," tutur Dwi.

Lebih lanjut Dwi berharap, pro dan kontra mengenai RUU HIP diselesaikan secara mekanisme ketatanegaraan, sesuai konstitusi yang berlaku.

Adapun kepolisian berjanji menindaklanjuti tuntutan massa. Penegak hukum pun mengapresiasi aksi penyampaian pendapat yang berlangsung damai. 

"Nanti kita akan sampaikan masukan-masukan saudara yang ada di sini ke atasan kami. Terima kasih juga kepada teman-teman yang melaksanakan aksi, karena bisa melaksanakan acara ini dengan damai dan tertib," tandas Kapolres Metro Jakarta Timur, Kombes Arie Ardian Rishadi.

Reaksi Kamu dengan Artikel ini

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0