Jenguk Pendemo, Adian: Soal Omnibus Law Boleh Beda, Hak Harus Tetap Terjamin

Meski legislator PDI Perjuangan, Adian tetap ingin hak pendemo dihargai
Mochammad Rizki - Nasional,Sabtu, 10-10-2020 05:37 WIB
Jenguk Pendemo, Adian: Soal Omnibus Law Boleh Beda, Hak Harus Tetap Terjamin
Adian saat menjenguk jurnalis Ponco Sulaksono.

Jakarta, Nusantaratv.com - Anggota DPR RI Fraksi PDI Perjuangan Adian Napitupulu mendatangi Mapolda Metro Jaya. Ia ingin memastikan perlakuan polisi terhadap para pendemo Undang-Undang Cipta Kerja (UU Ciptaker), sesuai prosedur.

"Saya datang kemari karena mendengar dari cerita teman-teman, ada yang ditangkap dan saya pikir saya harus memastikan bahwa semua prosedur berjalan dengan baik, proses penahanan, pengamanan, interogasi, dan sebagainya harus sesuai prosedur hukum," ujar Adian, Jumat (9/10/2020).

Adian pun hendak memastikan seluruh pendemo diberikan pendampingan hukum dan terjamin protokol kesehatannya. 

"Terlepas dari perbedaan pandangan kita soal undang-undang omnibus law menurut saya ada hal lain juga yang terkait dengan hak-hak warga negara yang harus kita pastikan terjamin," tutur dia. 

Adian mengaku telah memeriksa kondisi beberapa pengunjuk rasa yang ditangkap. Ia pun meminta polisi menghargai hak-hak mereka.

"Kita belum lihat semua, tapi paling tidak kehadiran saya ini menyampaikan pesan bahwa kita DPR akan memperhatikan proses ini. Artinya, sebagai tugas kita mengawasi pemerintahan, harusnya hal itu bisa dilakukan lebih baik," jelas dia.

Adian mengaku mendapatkan kabar adanya tindakan represif kepolisian terhadap para pendemo, bahkan jurnalis. Ia menyayangkan peristiwa itu. 

"Nah, itu yang harus dipastikan, situasi di lapangan ini kadang kala sulit untuk mengkonfrontir profesi dan sebagainya. Nah, menurut saya, berikutnya ini tak boleh terulang," tandas aktivis '98 itu.

Reaksi Kamu dengan Artikel ini

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0