Zona Merah Covid-19 Tambah Delapan Wilayah

Kemudian ada 19 kabupaten/kota yang berpindah dari zona oranye ke zona merah. Padahal, sebelumnya di zona oranye seharusnya...
Ramses Rianto Manurung - Nasional,Jumat, 13-11-2020 21:45 WIB
Zona Merah Covid-19 Tambah Delapan Wilayah
Foto ilustrasi penyebaran covid-19 di Indonesia/ist

Jakarta, Nusantaratv.com-Penangan pandemi covid-19 masih belum menunjukan tanda-tanda memuaskan. Pasalnya, pada pekan daerah yang masuk zona merah atau beresiko tinggi bertambah dari 19 menjadi 27 kabupaten/kota. 

Untuk zona oranye menurun dari 371 menjadi 370 kabupaten/kota. Penurunan yang signifikan terjadi pada zona kuning. Dari sebelumnya 104 turun menjadi 97 kabupaten kota. 

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito mengatakan perkembangan pekan ini terlihat perkembangan ke arah yang kurang baik. Sebab terdapat 33 kabupaten/kota yang sebelumnya berada di zona kuning berubah menjadi zona oranye.

Kemudian ada 19 kabupaten/kota yang berpindah dari zona oranye ke zona merah. Padahal, sebelumnya di zona oranye seharusnya bisa bergeser ke zona kuning.

Baca juga: Tercatat, 500 Warga Kalsel Meninggal Akibat Corona

“Bila masyarakat dan pemerintah daerah lengah, maka kabupaten/kota di zona oranye dapat berpindah ke zona merah. Dan ini terjadi pada 19 kabupaten/kota pekan ini," kata Wiku, Jumat (13/11/2020).

Ini menunjukkan Pemerintah Daerah dan masyarakatnya benar-benar lengah,” imbuhnya.

Berikut Daerah Zona Merah di Indonesia

Bengkulu: Kota Bengkulu; Yogyakarta: Bantul; Jawa Barat: Karawang dan Bekasi; Jawa Tengah: Cilacap, Magelang, Karanganyar, Semarang, dan Kota Tegal; Kalimantan Selatan: Tanah Bumbu; Kalimantan Tengah: Kotawaringin Timur dan Sukamara. Nusa Tenggara Barat: Sumbawa dan Kota Bima; Nusa Tenggara Timur: Kota Kupang; Sulawesi Tengah: Banggai Kepulauan; Sulawesi Utara: Kota Tomohon; Sumatera Barat: Tanah Datar; dan Sumatera Utara: Kota Gunungsitoli.

Reaksi Kamu dengan Artikel ini

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0