Status Gunung Api Raung Kembali Normal

Gunung Api Raung dari Level Waspada Telah Menurun Kembali ke Level Normal
Rayza Nirwan - Nasional,Jumat, 27-11-2020 23:45 WIB
Status Gunung Api Raung Kembali Normal
Gunung Api Raung/ infopendaki.com

Jakarta, Nusantaratv.com - Pusat Vulkanologi Dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) menurunkan status aktivitas Gunung Api Raung dari level II (Waspada) menjadi Level I. Penurunan status Gunungapai Raung menjadi level I mulai efektif berlaku sejak hari ini, Jumat (27/11/2020).

"Berdasarkan hasil pemantauan visual dan instrumental, serta potensi ancaman bahaya nya, maka tingkat aktivitas Gunung Raung diturunkan dari Level II menjadi Level I, terhitung sejak tanggal 27 November 2020, pukul 09.00 WIB," ujar Kepala PVMBG Kasbani.

Baca Juga: Efek Merapi, Pengungsi di Boyolali Meningkat

Meski status Gunungapi Raung sudah diturunkan menjadi Normal, namun pemantauan aktifitas vulkanik Gunung api Raung terus dilakukan secara intensif untuk mengantisipasi gejala kenaikan aktivitas vulkanik yang menuju erupsi ataupun adanya perubahan potensi ancaman bahaya, tambah Kasbani.

Gunung api Raung merupakan salah satu gunung api aktif yang berada di Jawa Timur, dengan ketinggian puncak mencapai 3.332 meter di atas permukaan laut.

Adapun potensi ancaman bahaya erupsi Gunung Raung adalah aliran lava, dan lontaran batuan pijar di dasar kawah. Pada saat erupsi meningkat, jarak lontaran material batuan pijar dapat mencapai bibir kawah. Saat ini potensi ancaman bahaya berupa hembusan gas-gas vulkanik yang sebarannya terbatas di dasar kawah.

Reaksi Kamu dengan Artikel ini

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0