Satu Tahun Jokowi-Ma'ruf, Ribuan Mahasiswa 'Kepung' Istana

Mereka meminta Jokowi mencabut UU Ciptaker
Mochammad Rizki - Nasional,Selasa, 20-10-2020 06:02 WIB
Satu Tahun Jokowi-Ma'ruf, Ribuan Mahasiswa 'Kepung' Istana
Unjuk rasa mahasiswa dan pelajar di kawasan Istana.

Jakarta, Nusantaratv.com - Hari ini, Selasa (20/10/2020) tepat satu tahun Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin memimpin Indonesia. 

Sejumlah elemen masyarakat rencananya akan turun ke jalan guna mengekspresikan sikapnya. 

Baca juga: UU Ciptaker Ditolak, Moeldoko: Presiden Jokowi Tak Takut Risiko 

Salah satunya kelompok mahasiswa dari Aliansi Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia (BEM SI), yang akan berdemonstrasi di sekitar Istana Negara, Jakarta. 

Menurut Koordinator Aliansi BEM SI, Remy Hastian lima ribu mahasiswa dari seluruh Indonesia akan turun dan menuntut Jokowi membatalkan Undang-Undang Cipta Kerja (UU Ciptaker) dengan menerbitkan peraturan pemerintah pengganti undang-undang (perppu).

"Aksi dilaksanakan Selasa, 20 Oktober 2020 pukul 13.00 WIB dengan estimasi massa aksi sebanyak 5.000 mahasiswa dari seluruh Indonesia," ujar Remy, Senin (19/10/2020).

Mahasiswa menyayangkan sikap pemerintah yang tak peduli dengan aksi penolakan masyarakat terhadap omnibus law itu, dan justru menantang masyarakat mengajukan judicial review ke Mahkamah Konstitusi (MK). 

"Terlebih lagi sebelumnya Presiden telah meminta MK untuk mendukung UU Cipta Kerja serta revisi terhadap UU MK, hal tersebut memberikan kesan bahwa melakukan judicial review bukan merupakan cara yang efektif," jelas Remy.

BEM SI pun mengecam aksi pemerintah yang berusaha mengintervensi gerakan dan suara rakyat yang menolak UU Ciptaker.

"Juga mengecam berbagai tindakan represif aparatur negara terhadap seluruh massa aksi," tuturnya.

Lebih lanjut, Remy meminta massa aksi tetap memperhatikan protokol kesehatan saat berunjuk rasa nanti. Caranya dengan membekali diri dengan masker, face shield, hand sanitizer, serta obat-obatan pribadi. 

Reaksi Kamu dengan Artikel ini

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0