Polri Lakukan Patroli Siber Antisipasi Berita Hoax

Nanti pelan-pelan, patroli siber kita lakukan. Saya harapkan, saya mengimbau masyarakat lebih bijak bermedia sosial, jangan...
Raymond - Nasional,Kamis, 15-10-2020 21:17 WIB
Polri Lakukan Patroli Siber Antisipasi Berita Hoax
Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Polisi Yusri Yunus

Nusantaratv.com - Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Metro Jaya Komisaris Besar Polisi Yusri Yunus mengatakan, bahwa pihaknya telah mencatat, mayoritas demonstran yang diamankan sebelum dan sesudah aksi unjuk rasa berujung rusuh, di Jakarta dan sekitarnya, merupakan pelajar.

Adapun seluruhnya saat ini masih dalam pemeriksaan. Kepada petugas kepolisian, para pelajar tersebut mengaku diundang dan dihasut dari media sosial.

Setidaknya, ada sekitar 80% dari 1.377 orang yang diamankan pada Selasa (13/10/2020) kemarin yakni para pelajar. Sedangkan dari 1.192 orang yang diamankan pada Kamis (8/20/2020) lalu, jumlah pelajarnya sekitar 64%.

"Jadi 80 persen dari 1.377 itu anak-anak kecil, SMP, SMA di bawah umur. Bahkan, ada anak SD lima orang. Semuanya setelah kita ambil keterangan mengaku saya diundang, diajak, melalui media sosial. Ini yang kita dalami semuanya. Jangan eskploitasi anak-anak kasihan, ini yang harus kita kejar," ujarnya kepada awak mdia, hari ini.

Ia pun mengaku pihaknya masih melakukan pendalaman atas pemeriksaan itu. ”Masih terus kami dalami," sambungnya.

Yusri menambahkan, Polri juga maasih melakukan patroli siber untuk mengungkap, termasuk mengantisipasi konten hoaks serta ajakan demo kepada para pelajar. "Nanti pelan-pelan, patroli siber kita lakukan. Saya harapkan, saya mengimbau masyarakat lebih bijak bermedia sosial, jangan langsung sharing. 

"Saring dulu sebelum sharing, nanti bisa kena Undang-undang ITE. Yang membuat, coba-coba akan kita proses. Ini meresahkan masyarakat. Banyak video-video yang sudah bertahun-tahun yang lalu dimunculkan. Ini kan korban hoax banyak sekali. tutupnya.

Reaksi Kamu dengan Artikel ini

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0