PGI Sebut Rumah yang Dibakar di Sigi untuk Tempat Ibadah

PGI mengecam tindakan yang dinilai barbar tersebut
Mochammad Rizki - Nasional,Minggu, 29-11-2020 07:00 WIB
PGI Sebut Rumah yang Dibakar di Sigi untuk Tempat Ibadah
Logo PGI. (Net)

Nusantaratv.com - Majelis Pekerja Harian Persekutuan Gereja-Gereja di Indonesia (PGI) mengutuk aksi kelompok teroris Mujahidin Indonesia Timur (MIT) pimpinan Ali Kalora yang membunuh satu keluarga di Sigi, Sulawesi Tengah.

PGI pun mengecam pembakaran rumah yang kerap dipakai lokasi ibadah umat Nasrani.

Baca juga: Polisi Buru Pembunuh Satu Keluarga Diduga Kelompok MIT Poso 

"Majelis Pekerja Harian Persekutuan Gereja-Gereja di Indonesia (PGI) mengutuk pembantaian empat warga dan pembakaran sejumlah rumah warga serta satu rumah warga yang dijadikan tempat ibadah bagi warga Nasrani yang terjadi di Dusun Lewonu, Desa Lemban Tongoa, Kecamatan Palolo, Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah," ujar Humas PGI Philip Situmorang, Sabtu (28/11/2020).

PGI mendesak pemerintah dan aparat keamanan menyelidiki kasus itu sampai tuntas. PGI juga meminta pemerintah memperhatikan keluarga korban termasuk masyarakat sekitar, dari kondisi traumatik.

"Kami mendesak pemerintah dan aparat keamanan segera mengusut tuntas kasus ini, menangkap dan menindak tegas para pelaku pembantaian biadab ini," kata Philip.

"Selain itu, memberikan jaminan keamanan dan ketentraman bagi masyarakat agar tidak ada lagi ancaman teror," imbuhnya.

PGI mengatakan sudah sepatutnya perilaku barbar dikecam oleh semua orang beradab. Tapi, mereka meminta semua lapisan masyarakat untuk tenang dan tetap memelihara kerukunan dalam keberagaman di masyarakat.

Pihaknya pun mengajak tokoh-tokoh agama lainnya untuk proaktif dalam menanggulangi ekstremisme di Indonesia yang kerap melegalkan teror.

"Kami terus mendoakan dan mendukung semua langkah dan upaya pemerintah untuk memelihara keamanan dan ketentraman masyarakat di Negara Kesatuan Republik Indonesia yang bebas dari aksi teror dan ekstremisme," tandas Philip.

Reaksi Kamu dengan Artikel ini

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0