Lindungi Wartawan Saat Demo, Polda Metro Jaya Bagikan Rompi Khusus

Sebelumnya sejumlah wartawan ditangkap dan jadi korban kekerasan aparat keamanan
Mochammad Rizki - Nasional,Selasa, 13-10-2020 13:56 WIB
Lindungi Wartawan Saat Demo, Polda Metro Jaya Bagikan Rompi Khusus
Penyerahan rompi khusus wartawan.

Jakarta, Nusantaratv.com - Aksi kekerasan, intimidasi dan penangkapan dialami sejumlah jurnalis saat meliput unjuk rasa menolak Undang-Undang Cipta Kerja (UU Ciptaker) di beberapa wilayah, salah satunya di Jakarta. 

Menyikapi peristiwa itu, Kapolda Metro Jaya Irjen Nana Sudjana membagikan rompi khusus bagi para jurnalis yang hendak meliput demonstrasi. 

Baca juga: Wartawan Ditangkap dan Jadi Korban Kekerasan, Pengamat: Tak Ada Berita Seharga Nyawa! 

"Kami lakukan melihat pengalaman yang lalu rekan pers yang ikut diamankan anggota keamanan. Sehingga dengan ada rompi ini bisa membedakan rekan pers dan para pendemo atau apalagi kelompok yang melakukan anarkis atau anarko," ujar Nana di Monas, Jakarta Pusat, Selasa (13/10/2020).

Dengan pemakaian rompi bertuliskan 'Pers' pada bagian belakangnya tersebut, wartawan penggunanya diharapkan terhindar dari aksi kekerasan, intimidasi dan penangkapan. 

Nana pun meminta para wartawan menjaga jarak dengan para pengunjuk rasa. 

"Saya mengharapkan rekan pers harus ada jarak dengan kelompok pendemo atau apalagi yang kelompok akan mengarah ke kerusuhan. Harapan kami begitu," tutur Nana.

Sebanyak 200 rompi dibagikan kepada wartawan, dari rencana 1.000 buah yang disiapkan. 

Nana juga berharap kepada jajarannya di lapangan, untuk bersikap lebih humanis terhadap wartawan. Mengingat tugas jurnalis dilindungi undang-undang (UU). 

"Pastinya biar kelihatan pers berbeda dengan aparat dan pendemo. Tentunya identitas diri bisa dipakai setiap ada aksi," jelas Nana.

Sementara, Ketua Forum Wartawan Polri (FWP) Achmad Faruk mengapresiasi upaya Kepolisian melindungi jurnalis, melalui pemberian rompi ini. 

"Semoga dengan adanya pemberian rompi ini anggota Polri lebih humanis terhadap media dan wartawan bisa meliput dengan aman, nyaman," ujar Faruk. 

Senada, Ketua Pokja Jurnalis Jakarta Pusat (JJP) Komaruddin Bagja Arjawinangun mengucapkan terima kepada Polda Metro Jaya atas pemberian rompi khusus wartawan itu. 

"Kami dari Jurnalis Jakarta Pusat (JJP) mengapresiasi pemberian rompi dari Kapolda Metro Jaya yang memberikan perlengkapan keselamatan saat meliput. Ini bentuk perhatian kepada insan media," tandas Bagja. 

Reaksi Kamu dengan Artikel ini

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0