Langgar Prokes, Indonesian Scooter Festival Dibubarkan Satpol PP

Mereka sesungguhnya memiliki izin dari petugas
Mochammad Rizki - Nasional,Minggu, 06-12-2020 01:09 WIB
Langgar Prokes, Indonesian Scooter Festival Dibubarkan Satpol PP
Petugas membubarkan kerumunan Indonesian Scooter Festival. (Kompas.com)

Yogyakarta, Nusantaratv.com - Petugas Satpol PP Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) membubarkan rombongan pengendara skuter yang berkerumun di kawasan pusat perbelanjaan di Jalan Laksda Adisucipto, Kecamatan Gondokusuman, Kota Yogyakarta.

Pengendara skuter tersebut berkumpul lantaran hendak mengikuti kegiatan Indonesian Scooter Festival #4 yang berlangsung pada 5 dan 6 Desember 2020, yang dihelat di Lippo Plaza Yogyakarta.

Rombongan pengendara tersebut memarkirkan kendaraannya di trotoar Jalan Laksda Adisucipto.

Mereka juga memadati kawasan Tugu Pal Putih dan  Jalan Urip Sumoharjo, Kota Yogyakarta.

Petugas nampak membubarkan sejumlah pengendara skuter yang berkerumun di Jalan Laksda Adisucipto dengan menggunakan pengeras suara.

Sebab, mereka dianggap melanggar protokol kesehatan (prokes) Covid-19, lantaran tak mengenakan masker serta tak menjaga jarak.

"Dari tadi sore anggota Pol PP DIY, Pol PP Kota, dan Polda DIY serta Polres kota Yogyakarta, bersama-sama membubarkan kerumunan skuter. Mereka banyak tidak menggunakan masker dan tidak jaga jarak," ujar Noviar, Sabtu (5/12/2020).

Karena melanggar protokol kesehatan, pihaknya pun melayangkan sanksi berupa penghentian kegiatan acara Indonesian Scooter Festival.

"Malam ini saya sudah keluarkan surat pemberian sanksi berupa penghentian kegiatan. Malam ini juga kita halau mereka keluar kota," tuturnya. 

Noviar mengakui, sesungguhnya acara tersebut sudah mendapatkan izin. Tapi karena tak mematuhi protokol kesehatan, acara tersebut dibubarkan.

"Dalam izinnya mereka akan melaksanakan kegiatan sampai besok, tapi saya hentikan mulai malam ini," tutur Noviar. 

"Sesuai Pergub 77 tahun 2020, sanksinya adalah penghentian operasional kegiatan," imbuhnya, dikutip dari Kompas.com. 

Reaksi Kamu dengan Artikel ini

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0