Ini Pesan Sultan Sepuh XIV PRA Arief Natadiningrat Sebelum Wafat

Sultan Sepuh XIV Pangeran Raja Adipati (PRA) Arief Natadiningrat Dikenal Aktif Berorganisasi.
Adiantoro - Nasional,Kamis, 23-07-2020 08:21 WIB
Ini Pesan Sultan Sepuh XIV PRA Arief Natadiningrat Sebelum Wafat
Sultan Sepuh XIV PRA Arief Natadiningrat meninggal. (Istimewa)

Jakarta, Nusantaratv.com - Sultan Sepuh XIV Pangeran Raja Adipati (PRA) Arief Natadiningrat berpulang pada Rabu (22/7/2020). Pria yang bertahta sejak 2010 itu dimakamkan di Astana Gunung Jati Kabupaten Cirebon, Jawa Barat (Jabar).

Sepanjang hidupnya, Sultan Arief dikenal sebagai sosok yang aktif di berbagai organisasi. Namun, dia mulai mengurangi aktivitasnya selama sakit dan menjalani kemoterapi di Rumah Sakit (RS) Permata Cirebon akibat kanker usus yang dideritanya.

Tak ada wejangan khusus dari Sultan Arief sebelum meninggal dunia. Namun, pria kelahiran Cirebon, Jabar, 5 September 1965 itu, berpesan agar terus menjaga kelestarian budaya dan tetap menjaga silaturahmi.

Saat itu beliau pernah bertemu dengan sejumlah ormas dan hanya berpesan seperti itu, jaga kelestarian budaya dan silaturahmi - ujar adik kandung Sultan Arief, RR Alexandra Wuryaningrat, dikutip dari liputan6, Kamis (23/7/2020).

Saat pertemuan itu, ungkapnya, Sultan Arief juga mengajak untuk menjaga adat tradisi yang ada di Cirebon.

Mengajak masyarakat untuk bersama-sama menjaga Kota Cirebon dengan melestarikan budaya dan adat tradisinya - lanjutnya. 

Sebagai sosok yang aktif berorganisasi, maka kehadiran Sultan Arief sangat dinantikan, baik di organisasi profesional maupun komunitas. Berbagai jabatan pernah disandangnya, mulai dari Ketua Yayasan Kasepuhan Keraton hingga Ketua Asosiasi Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) Kota Cirebon.

Selain itu, Sultan Arief juga termasuk salah satu yang aktif bersosialiasi di media sosial (medsos). Termasuk menginformasikan semua hal mengenai Istana Kesultanan Kasepuhan Cirebon.

Sementara itu, dalam karir politiknya, Sultan Arief pernah menjadi anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) periode 2004-2009 mewakili Jawa Barat.

Sultan Arief sendiri menempuh pendidikan di SDN Pengampon III Cirebon (1971-1977), SMP Negeri 1 Cirebon (1978-1981), SMA Negeri 2 Cirebon (1981-1984), dan kuliah di Universitas Islam Nusantara Bandung (1984-1990).

Sedangkan dalam kehidupan rumah tangga, dia dikarunia empat anak dari pernikahanya dengan Raden Ayu Isse Natadiningrat. Yakni Pangeran Raja Arief Rachmanudin, Raja Luqman Zulqaidin, Ratu Raja Siti Fatimah Nurhayani, dan Pangeran Raja Muhamad Nusantara. 

Reaksi Kamu dengan Artikel ini

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0