Idul Adha, Polisi Tak Sekat Pemudik Lagi

Polisi hanya mengamankan dan mengurai kemacetan
Mochammad Rizki - Nasional,Kamis, 30-07-2020 14:58 WIB
Idul Adha, Polisi Tak Sekat Pemudik Lagi
Penyekatan mudik Lebaran 2020. (Kompas.com)

Jakarta, Nusantaratv.com - Polda Metro Jaya tak melakukan penyekatan ataupun pembatasan bagi para pemudik semasa Idul Adha 2020. Kebijakan ini berlaku bagi seluruh kendaraan, baik angkutan umum maupun kendaraan pribadi.

"Untuk mudik idul adha ini tidak ada penyekatan, situasi berjalan normal. Tol elevated atas maupun bawah kami akan buka bahkan kami akan amankan. Termasuk di rest area juga akan kami tempatkan anggota," ujar Direktur Lalu-lintas Polda Metro Jaya, Kombes Sambodo Purnomo Yogo di Stasiun Juanda, Jakarta Pusat, Kamis (30/7/2020).

Baca juga: Hewan Kurban Dipotong Sabtu, Tak Ada Salat Id di Istiqlal 

Kendati tak ada penyekatan bagi para pemudik, polisi telah menyiapkan beberapa skema antisipasi apabila terjadi kemacetan akibat arus lalu-lintas yang padat selama mudik idul adha.

"Tol elevated misalnya jika sudah tidak bisa dilewati karena terjadi sesuatu, terjadi kecelakaan gitu, jalur elevated itu kami tutup dan kami pindahkan ke bawah," tutur Sambodo.

Skema lainnya, apabila kepadatan lalu-lintas terjadi sampai memakan seluruh ruas jalan, maka Kepolisian akan memberlakukan sistem contraflow.

Selain itu, operasi penguraian dengan menurunkan petugas akan dilakukan, terutama di jalan tol yang mengarah ke arah timur.

"Jika terjadi kepadatan luar biasa, kami hari ini sudah mensimulasikan pelaksanaan contraflow seandainya terjadi sesuatu. Bahkan seandainya terjadi contraflow kami skenariokan pelaksanaan one way arah timur baik saat arus mudik, dan juga saat arus balik," tutur Sambodo.

Polda Metro Jaya memprediksi arus mudik untuk idul adha puncaknya berlangsung pada Kamis malam.

Arus kendaraan yang hendak mudik diprediksi meningkat usai para pekerja kantoran pulang dan langsung berangkat menuju ke kampung halaman masing-masing.

"Kami perkirakan mulai sore setelah pulang kantor, akan ada peningkatan (arus kendaraan) di ruas-ruas jalan, baik di jalur arteri maupun di tol," tandas Sambodo.

Reaksi Kamu dengan Artikel ini

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0