Film G30S/PKI, Mahfud MD: Mengapa Diributkan? Saya Nonton

Pemutaran Film G30S/PKI Masih Menjadi Polemik.
Adiantoro - Nasional,Minggu, 27-09-2020 14:29 WIB
Film G30S/PKI, Mahfud MD: Mengapa Diributkan? Saya Nonton
Mahfud MD.

Jakarta, Nusantaratv.com - Gerakan 30 September 1965 yang didalangi PKI (Partai Komunis Indonesia) menjadi sejarah kelam perjalanan bangsa Indonesia.

Hingga kini, terkait pemutaran film penumpasan pengkhianatan G30S/PKI tersebut masih menjadi polemik di tengah masyarakat.

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD, mengaku menonton film pengkhianatan G30S/PKI. Dia juga mempertanyakan sejumlah pihak yang masih meributkan soal penayangan film ini.

"Mengapa soal pemutaran film pengkhianatan G30S/PKI diributkan?" tulis Mahfud MD dalam akun media sosial Twitter pribadinya @mohmahfudmd, yang dikutip Nusantaratv.com, Minggu (27/9/2020).

Lebih lanjut, dia mengatakan tidak ada yang melarang menonton film kekejaman PKI yang ditayangkan media televisi. Menurutnya, untuk menonton film tersebut bisa dilakukan dimana saja serta kapan saja.

Baca Juga: Mahfud MD Luruskan Yusril Ihza Mahendra, Mengapa?

"Tidak ada yang melarang nonton atau menayangkan di TV. Mau nonton di YouTube juga bisa kapan saja, tidak usah nunggu bulan September. Semalam saya nonton lagi di YouTube. Dulu Menpen (Menteri Penerangan) Yunus Yosfiyah juga tidak melarang, tapi tidak mewajibkan," tambahnya.

Ketika ditanya apakah penting film G30S/PKI disiarkan, pria kelahiran Sampang, Madura, Jawa Timur (Jatim), 63 tahun silam itu, mengaku dirinya kerap menonton tayangan film tersebut untuk meyakinkan tentang sejarah PKI.

"Ada yang nanya, apa penting film G30S/PKI disiarkan? Saya jawab, saya selalu nonton film tersebut, tapi bukan ingin tahu atau meyakinkan tentang sejarah PKI. Saya selalu nonton karena ia adalah karya film yang bagus artistik dan dramatisasinya," ungkapnya.

Dia menegaskan jika dirinya sudah lama mengetahui soal sejarah PKI. "Kalau sejarah PKI sih saya sudah tahu sebab tahun 1965 saya sudah 8 tahun," cetus Mahfud MD.

Kembali soal penayangan film G30S/PKI, mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) itu, menyebut pemerintah tidak mewajibkan untuk menyaksikan film pengkhianatan PKI tersebut.

"Pemerintah tidak 'melarang' atau pun 'mewajibkan' untuk nonton film G30S/PKI tersebut. Kalau pakai istilah hukum Islam 'mubah'. Silakan saja," ucapnya.

Dia juga tidak mempermasalahkan jika ada media yang ingin menayangkan film tersebut.

"Untuk TV-TV (termasuk TVRI) mau tayang atau tidak, juga tergantung kontraknya dengan pemegang hak siar sesuai pertimbangan rating dan iklannya sendiri-sendiri," tukas mantan Menteri Pertahanan (Menhan) era Presiden Abdurrahman Wahid (Gusdur) itu.


 

Reaksi Kamu dengan Artikel ini

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0