Amankan Aksi Setahun Jokowi-Ma'ruf, 20 Ribu Aparat Siaga

Sepuluh ribu orang merupakan personel cadangan
Mochammad Rizki - Nasional,Selasa, 20-10-2020 11:20 WIB
Amankan Aksi Setahun Jokowi-Ma'ruf, 20 Ribu Aparat Siaga
Polisi siaga. (Net)

Jakarta, Nusantaratv.com - Puluhan ribu personel keamanan dikerahkan untuk mengantisipasi demonstrasi satu tahun pemerintahan Jokowi-Ma'ruf Amin, di Jakarta dan sekitarnya, Selasa (20/10/2020). 

Jumlah ini merupakan angka keseluruhan petugas gabungan, yang terdiri dari Polri, TNI, dan aparatur Pemprov DKI Jakarta.

Baca juga: Demo Setahun Jokowi, Polisi Siapkan Strategi Hadapi Perusuh 

"Kami sudah siapkan pengamanan hari ini ada 10.587 personel. Ini yang kita siapkan gabungan TNI, Polri, dan pemda," ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus, di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Selasa (20/10/2020).

Personel gabungan ini sudah ditempatkan atau bersiaga di sejumlah titik. Antara lain, kawasan Monas, Patung Kuda Arjuna Wiwaha, dan Gedung DPR RI. 

Mereka juga berjaga di sejumlah lokasi seperti sentra perekonomian, pusat perbelanjaan dan titik-titik yang dianggap rawan.

"Arus lalu lintas sudah kami siapkan pengalihannya, tapi situasional. Maka itu, masyarakat pun diimbau untuk tidak melewati kawasan Monas dan Patung Kuda guna menghindari kemacetan karena menjadi titik massa berkumpul," jelas Yusri.

Sejauh ini polisi belum bisa memastikan  jumlah massa pendemo yang rencananya berasal dari buruh, mahasiswa bahkan pelajar itu.

Jika jumlahnya signifikan dibanding aparat, personel cadangan sebanyak 10 ribu orang akan diterjunkan guna membantu pengamanan. 

Kepolisian berharap, aksi unjuk rasa berjalan damai dan tertib, serta memperhatikan protokol kesehatan.

Reaksi Kamu dengan Artikel ini

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0