Rizal Ramli: Rektor Dipilih Presiden, Ranking Kampus Menurun, Mahasiswa Dikekang Pula! 

Universitas rusak karena dikelola secara birokratis, tidak secara inovatif, tidak secara akademis, sudah begitu mahasiswa...
Ramses Rianto Manurung - Nasional,Kamis, 17-09-2020 15:13 WIB
Rizal Ramli: Rektor Dipilih Presiden, Ranking Kampus Menurun, Mahasiswa Dikekang Pula! 
Mantan Menko Maritim Rizal Ramli. Foto: istimewa

Nusantaratv.com - Mantan Menko Maritim, Rizal Ramli, kembali bersuara terkait dunia pendidikan. Kali ini, ia menyinggung rektor universitas di Indonesia yang menurutnya saat ini tidak memberikan kebebasan, baik sikap maupun kegiatan yang dilakukan mahasiswa.

“Era dulu, para rektor itu memiliki kapasitas dan kemampuan di atas rata-rata dan harus memahami dunia pendidikan serta memahami kegiatan mahasiswa, baik di dalam kampus maupun di luar kampus,” tegasnya, hari ini.

Menurut Rizal, dengan memberikan kebebasan kepada mahasiswa, justru akan mencetak bibit unggul agar setelah tamat menjalani pendidikan, generasi muda dapat bersaing dengan negara-negara lain.

“Kan memang harusnya seperti itu. Karena dulu jaman saya kuliah ketika kita melakukan aksi tuntutan terhadap rezim orde baru (jadinya) tidak masalah. Karena itulah yang menjadi bagian implementasi ilmu yang kita dapatkan di kampus. Misalnya saja ada kebijakan di sektor hukum yang tidak sesuai dengan masyarakat atau ekonomi dan lainnya… ketika aksi, ya, artinya mahasiswa mengetahui apa dampak dari kebijakan itu,” ungkapnya.

Pakta Integritas Universitas Indonesia

Sebagaimana diketahui, Presiden Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Indonesia (BEM UI), Fajar Adi Nugroho  beberapa waktu lalu menolak keras pakta integritas di atas materai bagi mahasiswa baru.

Fajar menyebutkan, bahwa apa yang dilakukan Rektorat UI telah mengekang hak mahasiswa. 

“Penerbitan pakta integritas itu menjadi kontraproduktif. Sebabnya ada persetujuan poin yang didalamnya dan tanpa paksaan. Beberapa larangan yang diberlakukan adalah larangan mengikuti kegiatan oleh sekelompok mahasiswa tanpa mendapat izin resmi pimpinan fakultas kampus. Selain itu larangan mahasiswa terlibat dalam politik praktis.

Baca juga: Tak Ingin Pertamina Hancur, Rizal Ramli Sarankan Jokowi Ganti Posisi Ahok di Pertamina dengan Jonan

Selain itu, yang menjadi sorotan BEM UI adalah persetujuan untuk siap menerima sanksi atas siap, tindakan dan aktivitas yang mencoreng nama baik kampus

Adapun terkait hal ini, Rizal Ramli mengatakan, bahwa Rektor Universitas Indonesia, Prof. Ari Kuncoro telah melupakan kebebasan akademik karena telah diberi jabatan Presiden Komisaris salah satu bank BUMN.

Bahkan, Rizal Ramli membandingkan dengan sosok Prof. Mahar Mardjono yang menjabat sebagai Rektor UI tahun 1974-1982 dan pernah menjadi ketua Tim Kedokteran Presiden di masa Soekarno dan Soeharto.

“Selain Prof. Mahar Mardjono, Rektor UI, ada tokoh-tokoh tonggak intelektual dan integritas di kampus seperti Prof. Satari Rektor IPB, Prof. Doddy Tisna & Prof. John Sapiie, Rektor ITB. Jauh kelasnya diatas Rektor-rektor penjilat zaman ini.

Rizal Ramli Soal Rektor Dipilih Presiden

Mantan Aktivis era tahun 70-an ini menyebut, bahwa sosok rektor seharusnya dipilih oleh sejumlah senat guru besar, dan memiliki kreiteria yang mampu membawa arah pendidikan bisa bersaing sehingga menghasilkan kualitas yang baik.

Maka tak heran, menurutnya perguruan tinggi negeri di Indonesia sudah mencetak banyak doktor, namun hal itu tidak mampu menaikkan reputasi perguruan tinggi negeri Indonesia di tingkat dunia. Padahal, anggaran pemerintah untuk pendidikan setiap tahunnya juga terus meningkat.

“Ironis, anggarannya makin nambah, orang pintarnya, doktor, master makin banyak, tapi kinerjanya, prestasinya malah makin merosot. Jadi kita harus berubah, supaya dalam lima tahun harus ada universitas di Indonesia yang bisa peringkat 200 besar dunia. Ini rusaknya karena universitas dikelola secara birokratis, tidak secara inovatif, tidak secara akademis, udah gitu mahasiswa dikekang pula!” tutupnya. (Md)

Reaksi Kamu dengan Artikel ini

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0