Pak Nadiem..Program Kuota Gratis Dinilai Akal-akalan Loh?!

kuota belajar yang digunakan siswa mayoritas diisi oleh aplikasi-aplikasi berbayar.
Muda Saleh - Nasional,Selasa, 29-09-2020 07:10 WIB
Pak Nadiem..Program Kuota Gratis Dinilai Akal-akalan Loh?!
Mendikbud, Nadiem Makarim

Nusantaratv.com - Upaya pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dengan memberikan kuota data internet gratis dinilai kebohongan publik.

Bahkan, Pengamat pendidikan Indra Charismiadji menyebut, langkah tersebut merupakan gimik di tengan pandemi corona yang saat ini melanda Indonesia.

“Saya melihat kuota belajar yang digunakan siswa mayoritas diisi oleh aplikasi-aplikasi berbayar. Ini menimbulkan kesan bahwa pemerintah memberikan gimik agar masyarakat berlangganan aplikasi tersebut,” tegasnya, kemarin.

Ia menilai, Secara tidak langsung, masyarakat digiring untuk belanja online yang nanti bisa mengarah ke APBN/APBD untuk belanja yang sama.

“Ini pembohongan publik namanya. Kok gunakan uang negara untuk kepentingan kelompok tertentu,” ujar peneliti dari Vox Populi Institute Indonesia ini.

Selain itu menurutnya, tidak ada komitmen pemerintah maupun provider untuk menjaga kerahasiaan data. Karena semua diminta memberikan nomor HP padahal bisa saja pemerintah memberikan nomor voucher pulsa ke siswa, guru, dosen.

“Ini bahaya dan sangat mengerikan. Kedaulatan bangsa terancam. Saya tidak rela karena ini sama saja menjual bangsa sendiri,” tutupnya.

Sebelumnya diketahui, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim meresmikan kebijakan bantuan kuota internet untuk kegiatan pembelajaran jarak jauh. Bantuan akan diberikan hingga Desember 2020.

"Jadi pemerintah mendengar, kami menjawabnya dengan satu solusi bantuan kuota kepada bukan hanya peserta didik tapi juga pendidik. Kami telah mengalokasikan anggaran dan berjuang telah berhasil mengalokasikan anggaran sebesar Rp 7,2 triliun untuk dana bantuan dari bulan September sampai Desember 2020," ujar Nadiem dalam Acara Peresmian Kebijakan Bantuan Kuota Dana Internet Tahun 2020 yang diselenggarakan secara virtual, Jumat (25/9/2020) lalu. 

 

 

Reaksi Kamu dengan Artikel ini

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0