Nadiem: Sekolah Tatap Muka Saat Pandemi Beda dengan Biasanya!

Menurutnya tak ada kegiatan makan di kantin dan olahraga
Mochammad Rizki - Nasional,Rabu, 25-11-2020 23:08 WIB
Nadiem: Sekolah Tatap Muka Saat Pandemi Beda dengan Biasanya!
Nadiem Makarim. (Net)

Jakarta, Nusantaratv.com - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim mengingatkan pihak sekolah memahami perbedaan kondisi sekolah normal dengan semasa pandemi Covid-19.

Aktivitas sekolah di masa pandemi hanya sebatas belajar.

Baca juga: Megawati Minta Nadiem Luruskan Sejarah Soekarno dan Peristiwa '65

Kegiatan lainnya semisal ekstrakurikuler serta makan di kantin, dilarang untuk sementara.

"Masker wajib, tidak ada aktivitas selain sekolah (belajar), enggak ada kantin lagi, enggak ada ekskul lagi, enggak ada olahraga, enggak ada aktivitas yang di luar sekolah. Masuk kelas, pulang langsung. Ini bukan sekolah normal," ujar Nadiem di Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (25/11/2020).

Di samping itu, ruang kelas hanya boleh diisi 50 persen dari kapasitas.

Sehingga, sekolah harus menyiapkan sistem rotasi. Pembelajaran tatap muka juga tak langsung dilakukan oleh sekolah-sekolah.

Sekolah-sekolah di zona hijau dan zona kuning pun tak langsung memberlakukan pembelajaran tatap muka, kendati relatif lebih aman dari penularan virus corona. 

"Kalau kita melihat apa yang telah kita lakukan selama dua bulan kemarin sudah diperbolehkan, untuk yang zona hijau dan zona kuning sebenarnya sudah diperbolehkan. Itu pun karena protokol kesehatannya begitu ketat," tutur Nadiem.

"Yang di zona hijau aja baru sekitar 75 persen yang melakukan tatap muka dan di zona kuning hanya di sekitar 20-25 persen yang melakukan tatap muka. Jadi ini akan makan waktu untuk sekolah persiapkan protokolnya. Kalaupun ketahuan ada yang positif sekolah itu harus langsung ditutup," imbuhnya. 

Reaksi Kamu dengan Artikel ini

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0