Nadiem: Guru Honorer yang Digaji Rp 100 Ribu/Bulan Layak Jadi ASN

Menurut Nadiem tak sedikit dari guru honorer yang berdedikasi tinggi
Mochammad Rizki - Nasional,Senin, 23-11-2020 19:04 WIB
Nadiem: Guru Honorer yang Digaji Rp 100 Ribu/Bulan Layak Jadi ASN
Nadiem Makarim. (Net)

Jakarta, Nusantaratv.com - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim membeberkan masih ada guru honorer yang cuma dibayar Rp 100 ribu sampai Rp 300 ribu per bulan.

Padahal, kata dia guru-guru honorer tersebut memiliki dedikasi yang sangat tinggi.

Baca juga: Mulai Januari 2021 Kuliah Tatap Muka Diperbolehkan 

Hal ini diketahui Nadiem, usai ia berkeliling ke banyak daerah di Indonesia guna mengetahui kondisi tenaga pengajar. 

"Saya sudah banyak berkeliling ke sekitar Indonesia, berbagai macam daerah, dan setiap kali saya menemui guru-guru honorer, ada banyak sekali dari mereka yang punya hati nurani yang tulus untuk mengajar dan punya berbagai macam inovasi dan motivasi untuk mengajar," ujar Nadiem, yang disiarkan kanal YouTube Kemendikbud RI, Senin (23/11/2020).

Menurut Nadiem, tak sedikit dari guru honorer dengan upah rendah tersebut yang layak diangkat menjadi pegawai negeri sipil (PNS), sehingga bisa lebih sejahtera perekonomiannya.

"Jadi, semakin saya terjun ke lapangan semakin saya menyadari bahwa pasti ada cukup banyak guru-guru honorer ini yang gajinya sekarang dibayar antara Rp 100 (ribu) sampai Rp 300 ribu per bulan yang sebenarnya layak menjadi ASN, yang sebenarnya punya kompetensi untuk menjadi guru yang baik," jelasnya.

Karenanya, kata Nadiem pemerintah memutuskan membuka rekrutmen Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK). Sehingga, nantinya diharapkan bisa lebih banyak lagi guru honorer yang memiliki penghasilan lebih baik. 

"Kita memastikan di Kemendikbud bahwa ada jawaban di pemerintah, ada jawaban mengenai bagaimana bagi yang layak dan punya kompetensi yang baik, bagaimana mengenai kesejahteraan mereka, bagaimana mengenai kesetaraan nafkah mereka," tandas Nadiem.

Reaksi Kamu dengan Artikel ini

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0