Mulai Januari 2021 Kuliah Tatap Muka Diperbolehkan

Untuk perguruan tinggi juga diperbolehkan perkuliahan tatap muka dengan syarat menerapkan protokol kesehatan yang ketat...
Raymond - Nasional,Jumat, 20-11-2020 19:10 WIB
Mulai Januari 2021 Kuliah Tatap Muka Diperbolehkan
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim

Nusantaratv.com - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim menegaskan perguruan tinggi (PT) diperbolehkan melakukan perkuliahan tatap muka mulai Januari 2021. Namun demikian, ada aturan yang harus dijalankan terkait protokol kesehatan.

Hal ini ia ungkapkan saat melakukan konferensi pers hari ini di Jakarta. "Untuk perguruan tinggi juga diperbolehkan perkuliahan tatap muka dengan syarat menerapkan protokol kesehatan yang ketat dan mengisi daftar periksanya yang ditentukan oleh Ditjen Pendidikan Tinggi," tegasnya.

Ia menjelaskan, bahwa aturan perkuliahan tatap muka pada perguruan tinggi, saat ini sedang disusun oleh Ditjen Dikti. Nadiem juga menegaskan, pembelajaran tatap muka tidak hanya untuk jenjang PAUD hingga SMA/SMK tetapi juga perguruan tinggi.

Dimana menurutnya, Pemerintah telah memberikan keleluasaan pada Pemda untuk melakukan pembelajaran tatap muka mulai semester genap 2020/2021 atau Januari 2021. Pemberian kewenangan penuh pada Pemda tersebut dalam penentuan pemberian izin pembelajaran tatap muka di satuan pendidikan.

Pembelajaran tatap muka dapat dilakukan secara serentak atau bertahap per wilayah kecamatan dan atau desa atau kelurahan. Hal itu berlaku mulai semester genap tahun ajaran 2020/2021 atau bulan Januari 2021.

Nadiem menegaskan bahwa pembelajaran tatap muka dapat dilakukan dengan izin tiga pihak yakni Pemda, kepala sekolah dan komite sekolah dan juga orangtua.

Reaksi Kamu dengan Artikel ini

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0