Bincang Virtual NTV: Bahas Sistem Pendidikan di Masa Pandemi

Di masa pandemi virus Corona (Covid-19) sistem pendidikan nasional mengalami penyesuaian.
Alamsyah - Nasional,Kamis, 06-08-2020 17:00 WIB
Bincang Virtual NTV: Bahas Sistem Pendidikan di Masa Pandemi
Program Bincang Virtual Nusantara TV/Istimewa

Jakarta, Nusantaratv.com - Salah satu sektor yang juga terkena imbas dari pandemi virus Corona (Covid-19) yakni sektor pendidikan. Secara nasional, sistem pendidikan mengalami perubahan mulai dari sistem Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) hingga bagaimana sistem belajar-mengajar.

Memakai judul "Kebijakan Pendidikan di Indonesia Kini” program reguler Bincang Virtual Nusantara TV akan membahas bagaimana kemelut di balik dunia pendidikan Indonesia yang memang tak kunjung habisnya. 

Apalagi di masa pandemi saat ini, sistem pembelajaran online pun dipilih, untuk menyiasati keadaan.

Pada Segmen 1 akan dibahas bagaimana sistem Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) yang sudah menuai polemik, hingga banyaknya aturan yang tidak masuk akal yang menyulitkan siswa untuk mendapatkan pendidikan.

Pada Segmen 2 sejumlah pengamat yang dihadirkan akan menilai bagaimana seharusnya pendidikan tidak dibatasi oleh aturan yang ketat karena kemampuan masyarakat berbeda-beda, apalagi seharusnya pemerintah juga menyediakan alternatif lain untuk anak-anak bisa tetap belajar optimal, meskipun belajar dari rumah 

Di Segmen 3, masyarakat menilai seharusnya pendidikan di Indonesia berjalan sebagaimana mestinya, karena banyak orang tua yang mengeluh belajar dari rumah (BDR) kurang efektif dan tidak terpantau.
 
Dalam Segmen 4  akan dibahas soal belajar online yang memang sudah dilakukan dibanyak negara, dan sudah banyak anak-anak yang terbiasa dengan belajar online, namun tidak demikian di Indonesia. Maka harus didapatkan formula pendidikan yang tepat, agar indonesia tetap dapat menelurkan generasi emas untuk menghadapi persaingan global. 

Di Segmen 5 yang merupakan kesimpulan dikatakan bahwa, sistem pendidikan indonesia kini secara digital atau online harusnya bisa diaplikasikan sesuai dengan kemampuan masyarakat dan daerah setempat dengan kebijakannya.

Bagaimana soal pendidikan ini akan dibahas tuntas, bernas dan terang benderang, sejumlah nara sumber seperti, Komisioner KPAI Rtno Listyarti, Staff Ahli Mendikbud Chatarina Muliana Girsang, Wakil Ketua Komisi X DPR-RI Fraksi PDI Perjuangan Hetifah Sjaifudin) dan 
Pengamat Pendidikan Indra Charismiaji, akan hadir dalam program Bincang Virtual Nusantara TV episode Kamis 6 Agustus 2020, Pukul 20.00 WIB.

Reaksi Kamu dengan Artikel ini

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0